Joan Mir Menggila di MotoGP Eropa, Gelar Juara Dunia di Depan Mata

Pembalap Suzuki, Joan Mir
Sumber :
  • Twitter/@JoanMirOfficial

VIVA – Pembalap Suzuki, Joan Mir, tampil gemilang untuk mengklaim podium juaranya yang pertama di musim ini. Dia menjadi pemenang setelah mengangkangi Alex Rins dan Pol Espargaro di MotoGP Eropa.

Repsol Honda Belum Tentu Tancap Gas di Awal Musim MotoGP 2024

Mengaspal di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu 8 November 2020, Pol Espargaro langsung memimpin setelah lampu hijau menyala. Dia disusul oleh dua pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir.

Insiden sempat terjadi di tikungan kedelapan. Fabio Quartararo terjatuh bersama dengan Aleix Espargaro. Namun, Quartararo masih mampu melanjutkan balapan.

Joan Mir Ungkap Tantangan Terbesar pada MotoGP Amerika

Di lap kedua, posisi terdepan yang ditempati Pol Espargaro direbut oleh Alex Rins. Espargaro pun turun ke posisi kedua disusul oleh Joan Mir.

Dua lap kemudian, giliran Joan Mir yang memaksa Pol Espargaro turun ke posisi ketiga. Kini, dua pembalap Suzuki tersebut menjadi penguasa posisi terdepan.

Alex Rins Wins MotoGP Americas, then Bagnaia Crashes Out of Lead

Di lap kelima, pembalap Yamaha, Valentino Rossi, mengalami masalah pada motornya. Membuat pembalap 41 tahun itu gagal menyelesaikan balapan.

Setelahnya, Alex Rins dengan nyaman menguasai baris terdepan. Disusul oleh Joan Mir, Pol Espargaro, Miguel Oliveira dan  Takaaki Nakagami.

Terlalu nyaman memimpin balapan membuat Rins terlena. Dia melakukan kesalahan pada lap 17 setelah melebar di tikungan 11. Kelalaiannya menjadi keuntungan bagi Joan Mir untuk mengambil alih posisi terdepan.

Setelahnya, Joan Mir tak terhentikan untuk memimpin balapan. Dia tanpa kesalahan dalam menghabiskan seluruh putaran di Sirkuit Ricardo Tormo dan mengakhirinya dengan podium pertama.

Sementara, pesaing beratnya, Fabio Quartararo hanya mampu finis di peringkat 14.

Keberhasilan ini membuat Joan Mir semakin mengukuhkan dirinya sebagai pemimpin klasemen sementara dengan 162 poin. Disusul oleh Fabio Quartararo dan Alex Rins yang sama-sama mengoleksi 125 poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya