Fakta Mengerikan Joan Mir Setelah Juara MotoGP 2020

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir juara MotoGP 2020
Sumber :
  • twitter.com/JoanMirOfficial

VIVA –  Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 usai menyelesaikan balapan di MotoGP Valencia 2020 yang berlangsung di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu 15 November 2020.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Memang, Mir tak finis terdepan pada balapan itu. Dia cuma finis di posisi ketujuh usai menjalani balapan di posisi ke-12. Meski demikian, tambahan sembilan angka membuatnya tak terkejar lagi di klasemen.

Kini, Mir berada di puncak klasemen dengan 171 poin. Pembalap asal Spanyol itu unggul atas Franco Morbidelli, pemenang MotoGP Valencia, yang ada di posisi kedua dengan torehan 142 poin.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Terdapat sejumlah fakta mengerikan yang dicatatkan Mir usai menjuarai MotoGP 2020. Berikut rangkumannya dilansir beberapa sumber:

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

1. Joan Mir menjadi pembalap pertama Suzuki yang menjadi juara MotoGP sejak 20 tahun silam. Pembalap terakhir yang berhasil mempersembahkan gelar juara dunia MotoGP untuk Suzuki adalah Kenny Roberts Jr pada musim 2000.

2. Musim ini, Mir tampil konsisten. Dalam 13 balapan yang dijalani, dia mampu tujuh kali finis tiga besar. Kemenangan pertama diraih Mir pada pekan lalu, saat menjuarai MotoGP Eropa.

3. Ini menjadi gelar MotoGP pertama sepanjang karier Joan Mir yang kini masih berusia 23 tahun. Secara keseluruhan, ini adalah gelar kedua dalam karier Joan Mir. Sebelumnya dia menjadi juara dunia Moto3 pada 2017.

4. Joan Mir meraih juara meski cuma sekali meraih kemenangan. Penyebabnya adalah konsistensi yang ia tunjukkan. Berbeda dengan Fabio Quartararo yang sukses meraih tiga kemenangan, terbanyak dari pebalap MotoGP lainnya sejauh ini.

5. Joan Mir jadi pembalap pertama yang pernah juara Moto3 dan MotoGP. Joan Mir sebelumnya keluar sebagai kampiun Moto3 2017. Saat itu setelah melewati 18 balapan, Mir mengoleksi 341 angka, unggul 93 poin dari Romano Fenati di posisi dua

6. Joan Mir menjadi pembalap pertama Spanyol yang juara bareng Suzuki di kelas MotoGP. Karena itu, pencapaian Joan Mir di MotoGP 2020 terhitung mengerikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya