Momen Haru Perpisahan Valentino Rossi di Yamaha

Momen haru Valentino Rossi di Monster Energy Yamaha.
Sumber :
  • instagram.com/yamahamotogp

VIVA – MotoGP Portugal yang berlangsung di Sirkuit Portimao, Minggu, 23 November 2020, menjadi terasa emosional bagi Valentino Rossi. Sebab, ini menjadi balapan terakhir The Doctor bersama Monster Energy Yamaha.

MotoGP Portugal, Enea Bastianini Ingin Manfaatkan Status Pole Position

Rossi hanya mampu finis di posisi ke-12 di seri balap terakhir MotoGP 2020 tersebut. Begitu sampai di paddock, pembalap 41 tahun ini langsung disambut penuh haru oleh para staf Yamaha.

Di MotoGP 2021 mendatang. Rossi bakal bergabung dengan tim asal Malaysia, Petronas Yamaha SRT. Fabio Quartararo bakal menggantikan posisi Rossi di Monster Energy Yamaha.

Baca juga: Klasemen Akhir MotoGP 2020: Suzuki Penguasa 3 Besar

"Ini adalah momen yang sangat penting, karena ini adalah akhir dari perjalanan panjang kami bersama. Sejarah kami, antara saya dan tim Yamaha Motor Racing dibagi dalam dua bagian, ini seperti film yang bagus," kata Rossi dilansir Speedcafe.com.

Setim dengan Pembalap Indonesia Sean Gelael di WEC 2024, Begini Pengakuan Valentino Rossi

Rossi membela Yamaha dalam dua periode pada 2004 hingga 2010 dan 2013 hingga 2020. Dia merebut empat gelar juara dunia bersama Yamaha pada 2004, 2005, 2008 dan 2009. Total, Rossi menraih 56 kemenangan dan 142 podiun dalam 142 balapan bersama Yamaha.

"Bagian pertama dimulai pada 2004 hingga 2010. Saya rasa ini bagian terbaik dalam karier saya. Kami menulis sejarah untuk Yamaha. Kami merebut juara bersama Yamaha setelah dua puluh sekian tahun. Saya bakal selalu mengingat pencapaian ini, itu adalah momen penting dalam karier saya," ungkap Rossi.

"Saya juga sangat bangga dengan bagian kedua. Mereka memberi saya kesempatan untuk kembali ke tim pabrikan setelah dua tahun yang buruk dengan pabrikan lain, saat saya sudah semakin tua untuk standar MotoGP," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya