MotoGP Mandalika Bakal Jadi Balapan yang Paling Ikonik

Pengerjaan pembangunan Sirkuit Mandalika
Sumber :

VIVA – Penyelenggara MotoGP, Federasi Motorsport Internasional (FIM) dan Dorna Sports, telah melakukan inspeksi langsung ke Sirkuit Mandalika, Lombok, pada Rabu 7 April 2021.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Hingga saat ini, Sirkuit Mandalika masih mengerjakan pengaspalan lapisan pertama di beberapa ruas lintasan. Itu artinya masih akan pekerjaan rumah melakukan pengaspalan lapisan kedua hingga lapisan terakhir.

Selain meninjau kesiapan sirkuit, FIM dan Dorna Sports juga melihat kondisi Bandara Internasional Lombok. 

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Bandara tersebut sudah melakukan banyak renovasi, antara lain perluasan terminal dan fasilitas penunjang lainnya, dari 24.123 meter persegi menjadi 43.501 meter persegi, serta perluasan landasan pacu dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter.

Akan tetapi, pandemi COVID-19 yang masih menjadi ancaman membuat semua pihak yang terlibat di MotoGP Mandalika sepakat untuk menunda penyelenggaraan di musim 2021.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Debut Sirkuit Mandalika di MotoGP dipastikan baru akan terjadi pada paruh pertama musim 2022, atau sekitar bulan Maret.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengatakan, bahwa kunjungan rombongannya ke Lombok berjalan sangat sukses dan pihaknya dapat memastikan bahwa Sirkuit Mandalika bakal menjadi salah satu sirkuit terpenting di kalender musim depan.

"Kami juga tahu bahwa pendukung dari Indonesia akan hadir secara masif dan balapan yang digelar akan menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang musim," kata Ezpeleta, seperti dikutip situs resmi MotoGP, Sabtu 10 April 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya