Resmi, Suzuki Perpanjang Kontrak di MotoGP Sampai 2026

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins.
Sumber :
  • Instagram/@suzukimotogp

VIVA – Suzuki resmi mengumumkan perpanjangan kontraknya yang berdurasi lima tahun dengan Dorna Sports, yang artinya mereka akan tetap berkompetisi di MotoGP hingga tahun 2026 mendatang. Kesepakatan tersebut diumumkan secara resmi pada Selasa 20 April 2021.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Itu artinya Suzuki menyusul jejak KTM, Honda, Ducati dan Yamaha, yang sebelumnya telah meneken perpanjangan kontrak untuk berlaga di MotoGP setidaknya sampai 2026.

Suzuki sendiri merupakan pabrikan yang sudah berkecimpung di dunia balap motor sejak 1960, ketika mereka turun dalam balapan Tourist Trophy Isle of Man. Namun, mereka sempat vakum dari MotoGP pada 2011, sebelum comeback pada ajang balap motor paling bergengsi itu pada 2015.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Tahun lalu, pabrikan asal Jepang itu merayakan ulang tahun mereka ke-100, sekaligus peringatan 60 tahun eksis di dunia balap. Mereka pun mendapatkan kado istimewa setelah pembalapnya, Joan Mir sukses meraih gelar juara dunia MotoGP.

"Sebagai Suzuki Motor Corporation, kami bangga bisa terus berkompetisi di Kejuaraan Dunia MotoGP, mengingat kami berbagi ambisi penuh tantangan demi mengukur kualitas diri dengan kompetisi balap motor terbaik di dunia," kata Direktur Tim Suzuki Ecstar dan Project Leader Suzuki MotoGP, Shinchi Sahara, dalam pernyataannya di situs resmi Suzuki Racing, Selasa 20 April 2021.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

"Kami memulai perjalanan baru ini pada 2015 dan hanya dalam enam tahun, kami mampu meraih gelar juara dunia pembalap dan tim, dan kami pun masih lapar atas lebih banyak kesuksesan. Atas alasan ini, kami telah memperpanjang kesepakatan kami dengan Dorna, dengan harapan dan komitmen untuk terus mengembangkan sisi teknis dan kompetisi bagi perusahaan kami," ucapnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, mengaku, sangat senang atas pembaruan kesepakatan dengan Suzuki. Dia pun berharap, perpanjangan kontrak ini bisa terus menciptakan sejarah baru bagi MotoGP.

"Kami sangat senang atas pembaruan kesepakatan dengan Suzuki, pabrikan yang telah berkompetisi begitu lama di Kejuaraan Dunia dan telah kami nikmati korporasinya," ujar Ezpeleta.

"Kembalinya mereka ke MotoGP pada 2015 segera membuktikan kesuksesan dan dikonfirmasi lewat keberhasilan mereka merebut gelar juara dunia 2020 bersama Joan Mir. Kami sangat bangga bisa memperpanjang kerja sama ini dan berharap bisa terus menggoreskan sejarah dengan pabrikan ikonik ini," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya