Rossi Dukung Pacarnya Ungkap Fenomena Pelecehan Seksual di MotoGP

Valentino Rossi dan kekasihnya, Francesca Sofia Novello.
Sumber :
  • Speedweek

VIVA – Pacar sekaligus tunangan Valentino Rossi, Francesca Sofia Novello, baru-baru ini mengungkap tentang fenomena pelecahan seksual terhadap wanita di ajang MotoGP. Francesca yang pernah menghabiskan waktu bekerja sebagai umbrella girl atau gadis grid pernah mengalami banyak perlakuan tidak senonoh.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

"Ini (MotoGP) dunia laki-laki. Kita harus berhati-hati," kata model dan influencer asal Italia yang menjalin hubungan empat tahun dengan Rossi itu kepada majalah Vanity Fair, pada awal April 2021 lalu.

"Kita tidak bisa hanya tersenyum. Anda harus membuat orang-orang ini menghormati Anda. Jika Anda hanya terlihat cantik dan bodoh, Anda 'selesai'. Ini (pelecehan) adalah bagian dari dunia itu. Dan itu memang benar-benar terjadi," ucapnya.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Sofia menambahkan, beberapa tindakan tidak senonoh kerap terjadi di dunia balap ini. Dan hal itu dianggap sesuatu yang biasa. Alhasil, kondisi ini tidak mudah dijalani oleh para gadis belia seperti dirinya.

"Sebagai seorang berusia 19 tahun, tidak mudah bekerja dengan orang yang melihat belakang Anda saat Anda berjalan melewatinya atau yang menyentuhnya saat Anda berfoto dengan mereka," jelas Sofia.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Sofia mengakui, menjalin hubungan dengan sosok penting seperti Rossi telah membuka pintu karier baginya. "Jika Anda memiliki sosok penting di sisi Anda, hampir tak terelakkan hal itu akan terjadi," katanya.

"Tapi saya senang bisa terus bekerja sebanyak yang saya bisa tanpa menggunakan namanya. Memang benar bahwa saya tidak akan mencapai popularitas yang saya dapatkan hari ini tanpanya, tetapi saya akan melakukan hal yang sama tanpanya."

Di sela-sela MotoGP Portugal 2021, akhir pekan kemarin, Rossi ditanyai mengenai pernyataan sang kekasih yang cukup blak-blakan menyoroti pelecehan seksual yang terjadi di ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut. 

Dia pun mengaku, sangat mendukung dengan apa yang diungkapkan Francesca, meskipun apa yang dibeberkan telah membuat heboh sebagian publik, khususnya di Italia.

"Saya suka dengan wawancara itu, karena dia mencoba langsung menjelaskan apa yang terjadi di paddock, tapi saya pikir di tempat lain juga banyak terjadi. Yang jelas, saya mendukung apa dia katakan," ucap Rossi, seperti dikutip Speedweek, Sabtu 24 April 2021.

"Dia hanya mengatakan, -sebagai 'umbrella girl' atau dalam banyak pekerjaan lain yang dilakukan gadis cantik, di pameran dagang atau bisnis mode- Anda harus pintar dan kuat. Karena, ada banyak pria di sekitar dan Anda harus cukup kuat untuk menghadapi segala situasi," tuturnya.

Lebih lanjut, Rossi mengungkapkan, bahwa dirinya tidak malu dengan status Francesca yang pernah berkarier sebagai umbrella girl. Sebab, Rossi bisa bertemu dengan pujaan hatinya saat ini ketika Francesca sedang bertugas sebagai gadis grid.

"Saya juga sangat senang bahwa dia adalah gadis grid, kalau bukan, saya tidak bisa bertemu dengannya. Jadi, saya sangat beruntung," terangnya, sambil tersenyum.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya