Tim Milik Rossi Ungkap Alasan Terima Sponsor dari Pangeran Arab Saudi

Tampilan Motor tim VR46 untuk MotoGP 2022.
Sumber :
  • Tanal Entertaiment Sport & Media

VIVA – Chief Executive Officer (CEO) VR46, Alberto Tebaldi, angkat bicara mengenai proyek VR46 Team yang akan menjadi tim balap definitif di MotoGP 2022. Hal itu setelah VR46 mendapat suntikan sponsor dari Pangeran Arab Saudi, Abdulaziz bin Abdullah Al Saud. 

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Tebaldi mengatakan, bahwa kerja sama ini ternyata sudah direncanakan sejak pertengahan 2019. Namun, kesepakatan resmi baru bisa terjadi pada Rabu 28 April 2021 kemarin.

Seperti diketahui, tim balap milik Valentino Rossi ini sudah turun di MotoGP 2021 bersama Ducati dan menurunkan Luca Marini. Akan tetapi, mereka masih melebur dengan Esponsorama Racing, yang menurunkan Enea Bastianini.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Esponsorama sendiri telah memastikan diri akan mundur dari MotoGP pada akhir tahun nanti. Makanya, slot untuk musim 2022 akan diambil alih VR46.

Mulai musim ini pula, VR46 Team baik di MotoGP atau Moto2 mendapat sponsor dari Tanal Entertaiment Sport & Media, perusahaan milik Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud. 

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Perusahaan tersebut sedang giat mempromosikan 'Saudi Vision 2030', yang fokus pada pariwisata Arab Saudi, industri konstruksi, dan teknologi ramah lingkungan.

Tebaldi pun menyatakan pembicaraan VR46 dengan Tanal Entertaiment Sport & Media sudah dilakukan sejak Juni 2019. Namun, kala itu, mereka hanya membicarakan kerja sama di sektor pariwisata, karena Arab Saudi ingin membuat taman hiburan VR46, yang terinsipirasi Ferrari World Abu Dhabi di Uni Emirat Arab.

"Dua tahun lalu, tepatnya Juni 2019, saya bertemu arsitek Marco Bernardini, yang juga orang kepercayaan Pangeran Saudi untuk proyek Saudi Vision 2030, yang telah melibatkan konstruksi di tiga kota," kata Tebaldi kepada GPOne, Kamis 29 April 2021.

"Kemudian, kami mulai berpikir soal kans menciptakan taman hiburan VR46, seperti Ferrari di Abu Dhabi," ujarnya.

Dari pembicaraan itu, tiba-tiba muncul gagasan untuk menjalin kerja sama dalam bentuk sponsor pada VR46 di MotoGP dan Moto2, yang akhirnya terwujud pada tahun ini.

Namun, pada Rabu 28 April 2021, Tanal Entertaiment Sport & Media resmi mengumumkan bahwa Saudi Aramco akan sponsor utama VR46, sekaligus menggantikan peran Sky.

"Kami membicarakan sinergi dari semua rangkaian program kerja sama, sampai akhirnya kami pikir bakal menyenangkan jika komitmen ini diperluas ke level olahraga. Ide ini pun kami teruskan hingga tim kami mendapatkan sponsor dari mereka mulai tahun ini, sambil memikirkan kerja sama lebih jauh," ucapnya.

Tebaldi menambahkan, bahwa dirinya sangat bangga VR46 Team bisa mendapatkan dukungan besar dari perusahaan yang kuat dan berpengaruh. Menurutnya, ini adalah impian bagi semua orang yang terlibat dalam dunia olahraga profesional.

"Ini merupakan kolaborasi yang nyata, yang membuat kami sangat bangga, karena kami sudah mengerjakannya sejak begitu lama. Sebab, ini tidak mudah," ungkapnya.

"Bagi orang yang seperti kami, yang mengejar impian di dunia olahraga profesional, sangat penting punya mitra seperti ini yang bisa membuat kami punya kekuatan menjalankan proyek," tutur pria asal Italia yang merupakan sahabat Valentino Rossi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya