Valentino Rossi Heran Sama Perkembangan Kecepatan MotoGP

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi.
Sumber :
  • Twitter/@sepangracing

VIVA – Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, mengaku heran dan tak bisa menjelaskan alasan mengapa dia gagal tampil kompetitif. Dia pun menyadari bahwa MotoGP telah banyak berubah.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Kendati catatan waktu Rossi saat balapan MotoGP Spanyol 2021 tidak berbeda jauh dengan pencapaian musim lalu, dia tetap gagal untuk meraih podium pada balapan yang digelar di Sirkuit Jerez, Minggu 2 Mei 2021.

Pembalap asal Italia itu harus puas finis di urutan ke-17 dengan catatan waktu 41 menit 28,333 detik. Dia terpaut 22,7 detik dari peraih podium tertinggi, Jack Miller.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Catatan waktunya itu tak berbeda jauh dengan catatan waktu yang dia raih ketika finis di urutan ketiga pada balapan MotoGP Andalusia 2020, yakni 41 menitr 28,212 detiik.

Fakta tersebut yang membuat Rossi heran dan tak bisa menjelaskan penyebab dia tak mampu tampil kompetitif seperti musim lalu. Dia menyadari MotoGP saat ini telah berubah dengan sangat cepat.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

"Kami mencoba (memakai setelan) motor seperti tahun lalu, memang tidak sama persis, tapi di atas kertas harusnya sedikit lebih baik. Selain itu, ban tahun ini dan tahun lalu kurang lebih sama saja, tapi kami tidak bisa mendapatkan yang sama," ucap Rossi, seperti dikutip Crash.

"Memang betul bahwa dalam MotoGP semua berubah sangat cepat dari tahun ke tahun, tapi itu menjadi tanda tanya bagi kami. Banyak performa berubah dan semua orang mencoba untuk membuat sesuatu yang lebih baik, tapi terkadang itu tidak mungkin," ujarnya.

Hingga seri keempat MotoGP 2021, Rossi masih belum bisa menemukan kecepatan yang ideal di atas YZR-M1 dengan spesifikasi terkini.

Saat balapan berjalan, dia sempat melorot ke urutan 19 usai start dari peringkat ke-17, tapi dia kemudian mampu mengembalikan posisinya dan menempati posisi ke-16.

Sayangnya, akibat kesalahan yang dilakukannya, Rossi terpaksa kembali ke urutan 17 usai disalip oleh adik tirinya, Luca Marini. Dia pun berada di posisi tersebut hingga finis balapan di Sirkuit Jerez.

Deangan hasil daro balapan MotoGP Spanyol 2021, Rossi masih tertahan di papan bawah klasemen sementara MotoGP musim ini, tepat peringkat ke-21 dengan perolehan 4 poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya