MotoGP Ungkap Kondisi Jason Dupasquier Usai Kecelakaan

Pembalap Moto3, Jason Dupasquier
Sumber :
  • twitter.com/MotoGP

VIVA – Ajang adu balap motor bergengsi dunia, MotoGP sedang berduka. Sebab ada pembalap dari Moto3, Jason Dupasquier meninggal dunia pada Minggu 30 Mei 2021.

Menanti Sistem Deteksi Kecelakaan MotoGP yang Baru

Dupasquier menghembuskan nafas terakhirnya saat sedang dirawat di rumah sakit. Sehari sebelumnya, dia terlibat kecelakaan hebat saat menjalani Kualifikasi Moto3 Italia di Sirkuit Mugello.

Pembalap asal Swiss itu tak bisa menghindari kecelakaan yang melibatkan beberapa pembalap seperti Ayumu Sasaki dari Red Bull KTM Tech3 dan wakil Indonesian Gresini Racing, Jeremy Alcoba.

Batas Minimal Usia Pembalap Moto3 Jadi 17 Tahun

Red flag langsung dikibarkan oleh panitia penyelenggara balapan akibat adanya kecelakaan tersebut. Tim medis langsung datang ke lokasi di mana Dupasquier terbaring.

Pembalap berusia 19 tahun itu kemudian mendapat pertolongan langsung di atas trek. Menurut keterangan MotoGP, butuh waktu untuk menstabilkan kondisinya hingga akhirnya diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit.

Idemitsu dan Honda Gelar Acara Sambut MotoGP Indonesia 2023

Dari keterangan MotoGP inilah diketahui jika kondisi Dupasquier sebelumnya sudah stabil. Tapi pada akhirnya dia meninggal dunia karena cedera serius yang dialami.

Berikut pernyataan resmi MotoGP:

"Menyusul insiden serius dalam sesi kualifikasi Moto3 di GP Italia, dengan sangat sedih kami melaporkan meninggalnya pembalap Moto3, Jason Dupasquier."

"Dupasquier terlibat dalam insiden multi-pembalap antara tikungan 9 dan 10, dan red flag sesudahnya. Kendaraan medis FIM tiba di lokasi dnegan segera dan pembalap Swiss itu dirawat di trek sebelum dipindahkan dengan helikopter medis dalam keadaan stabil ke rumah sakit Careggi di Florence."

"Terlepas dari upaya terbaik dari staf medis sirkuit dan semua yang kemudian merawat pembalap Swiss itu, rumah sakit telah mengumumkan bahwa Dupasquier dengan sedih telah menyerah kepada luka-lukanya."

"Dupasquier telah membuat awal yang mengesankan untuk musim keduanya di kelas ringan balap Grand Prix. Secara konsisten mencetak poin dan masuk dalam 10 besar klasemen."

"FIM, IRTA, MSMA, dan DOrna menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga, teman, tim, dan orang-orang terkasih Dupasquier."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya