Charles Leclerc Tercepat di Kualifikasi F1 GP Azerbaijan

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc.
Sumber :
  • Instagram/@scuderiaferrari

VIVA – Persaingan ketat tersaji dalam memperebutkan pole position Formula 1 (F1) GP Azerbaijan di sesi kualifikasi yang berlangsung pada Sabtu 5 Juni 2021 di Sirkuit Jalan Raya Baku. Bendera merah berkibar empat kali dari Q1, Q2, hingga Q3, yang menjadi sumber drama sesi kualifikasi.

Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Bahkan, insiden bendera merah yang terjadi jelang berakhirnuya Q3 juga jadi penentu keberhasilan pembalap Ferrari, Charles Leclerc mengamankan pole position. Pasalnya, sesi kualifikasi harus dihentikan lebih cepat dan catatan waktu terbaik Leclerc tak bisa digeser oleh pembalap lain.

Kualifikasi dimulai dengan Q1 yang diikuti oleh 20 pembalap peserta F1 GP Azerbaijan. Mereka menghindari lima posisi terbawah yang merupakan zona eliminasi. Baru berlangsung beberapa menit, pembalap Aston Martin, Lance Stroll, sudah mengalami insiden di tikungan 15  yang membuat bendera merah berkibar.

Daniel Ricciardo Kandidat Kuat Temani Verstappen di F1 2025

Masih di Q1, tikungan 15 lagi-lagi memakan korban. Kali ini giliran Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo) yang memicu dikibarkannya bendera merah setelah menabrak dinding pembatas. 

Praktis, Stroll dan Giovinazzi tak bisa melanjutkan sesi. Mereka tersisih bersama duo Uralkali Haas, Nikita Mazepin dan Mick Schumacher, serta Nicholas Latifi dari Willams Racing.

F1 Desak Red Bull Tuntaskan Investigasi Horner Lecehkan Staf Perempuan

Bendera merah kembali menciptakan drama pada sesi Q2 yang diikuti 15 pembalap tersisa. Pembalap McLaren, Daniel Ricciardo, mengalami tabrakan. Ricciardo kehilangan kendali dan menabrak dindin pembatas di tikungan 3 saat sesi menyisakan kurang dari tiga menit.

Bendera merah pun dikibarkan, waktu dihentikan, dan sesi diputuskan berakhir sedikit lebih cepat dari seharusnya. Kondisi ini terasa menyakitkan bagi Sebastian Vettel (Aston Martin) yang harus tersingkir karena duduk di posisi ke-11 dengan selisih waktu 0,029 detik dari posisi ke-10.

Vettel harus tereliminasi bersama Ricciardo, Esteban Ocon (Alpine), Kimi Raikkonen (Aston Martin), dan George Russell (Williams Racing). Kualifikasi F1 GP Azerbaijan 2021 pun mencapai puncaknya pada Q3 yang diikuti 10 pembalap tersisa.

Para pembalap Red Bull Racing dan Scuderia Ferrari yang tampil dominan pada sesi latihan bebas (FP1-FP2) menjadi kubu yang paling dijagokan. Kedua tim itu mendapat perlawanan sengit dari para pembalap Mercedes-AMG Petronas dan Scuderia AlphaTauri yang mulai bangkit dengan tampil baik di FP3.

Persaingan memperebutkan start terdepan pun berlangsung hingga menit akhir sebelum akhirnya sesi kembali diinterupsi dengan insiden yang memicu bendera merah. Kali ini, bendera merah berkibar setelah ada dua pembalap mengalami insiden area yang sama tetapi dalam waktu yang berbeda tipis.

Insiden itu dialami oleh Yuki Tsunoda (Scuderia AlphaTauri) di tikungan 3 dan disusul Carlos Sainz Jr (Scuderia Ferrari) beberapa saat kemudian. Sesi kualifikasi pun diakhiri lebih cepat dan para pembalap tidak diperkenankan lagi mempertajam catatan waktunya.

Leclerc yang saat itu sedang memimpin time sheet dengan catatan waktu 1 menit 41,218 detik akhirnya berhak atas pole position. Catatan waktu terbaiknya lebih cepat 0,232 dari jagoan Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton, yang duduk di peringkat dua.

Sedangkan, posisi ketiga ditempati oleh pimpinan klasemen sementara F1 musim ini, Max Verstappen, dengan catatan waktu terbaik 1 menit 41,563 detik. Verstappen dibuntuti oleh pembalap Scuderia AlphaTauri, Pierre Gasly.

Berikut hasil lengkap kualifikasi F1 GP Azerbaijan, seperti dikutip Crash:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya