Sergio Perez Menangi F1 GP Azerbaijan, Verstappen dan Hamilton Apes

Balapan F1 GP Azerbaijan 2021.
Sumber :
  • Twitter/@F1

VIVA – Drama tersaji dalam balapan Formula 1 (F1) GP Azerbaijan 2021 yang berlangsung di Sirkuit Jalan Raya Kota Baku, pada Minggu 6 Juni 2021. Jagoan Red Bull Racing, Max Verstappen, yang sudah dekat dengan kemenangan ketiganya musim mendadak gagal finis saat balapan menyisakan 5 lap lagi.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Petaka yang diderita Verstappen seolah menjadi berkah bagi rekan setimnya, Sergio Perez, yang akhirnya tampil sebagai pemenang F1 GP Azerbaijan 2021. Sementara itu, pembalap Aston Martin, Sebastian Vettel, berada di urutan kedua, diikuti Pierre Gasly (Scuderia AlphaTauri) yang menduduki peringkat ketiga.

Selepas start, tiga posisi terdepan secara berurutan mampu dipertahankan Charles Leclerc (Ferrari), Lewis Hamilton (Mercedes), dan Verstappen. Hanya sedikit pembalap yang bisa melakukan overtake pada awal lomba. Salah satunya adalah Perez yang mampu naik dua setrip ke posisi empat.

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Lintasan lurus seusai tikungan terakhir di Sirkuit Jalan Raya Kota Baku tampaknya menjadi lokasi yang kurang menguntungkan bagi Leclerc. Sebab, dia tiga kali kehilangan posisi saat kalah adu cepat di lintasan lurus.

Pada lap ketiga, dia kehilangan posisi terdepan setelah disalip Hamilton. Empat lap berselang, gilran Verstappen yang menyusul Leclerc di lokasi yang sama.

Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Leclerc pun harus terlempar dari zona podium setelah digeser Perez. Bahkan, dia harus tertinggal jauh dari tiga pembalap di depannya karena tak mengimbangi kecepatan mereka.

Sementara itu, drama mulai terjadi pada perebutan posisi terdepan saat Hamilton yang sedang memimpin lomba melakukan pit stop untuk mengganti ban. Sayangnya, tugas yang dilakukan kru Mercedes kurang sempurna dan berpengaruh pada waktu pit stom yang menjadi semakin lama.

Satu lap kemudian giliran Verstappen yang melakukan pit stop. Tak seperti Hamilton, eksekusi penggantian ban yang dilakukan kru Red Bull Racing berjalan sempurna bahkan di atas rata-rata tim lain.

Verstappen pun sukses keluar pit lane di posisi ketiga, sekitar empat detik di depan Hamilton. Namun, Mercedes makin terpukul saat Perez yang melakukan pit stop dari posisi kedua juga sukses bergabung ke balapan di depan Hamilton.

Posisi satu-dua F1 GP Azerbaijan 2021 akhirnya resmi menjadi milik Red Bull Racing setelah Vettel melakukan pit stop pertamanya pada lap ke-19. Setelah itu, Verstappen makin leluasa memimpin balapan dan terus menjauh dari Perez yang menempati posisi kedua dengan Hamilton terus membayangi tepat di belakangnya. 

F1 GP Azerbaijan 2021 tampaknya bakal dengan mudah dimenangkan oleh Verstappen kala dirinya unggul sekitar enam detik dari rekan setimnya. Akan tetapi, keadaan kembali menegang setelah Lance Stroll (Aston Martin) mengalami kecelakaan jelang memasuki lap ke-31.

Stroll yang belum melakukan pit stop mengalami pecah ban. Ia pun kehilangan kendali dan menabrak dinding pembatas dengan kecepatan tinggi. 

Tabrakan tersebut menyebabkan debris tercecer di lintasan dan bendera kuning dikibarkan. Safety car pun masuk ke lintasan yang artinya para pembalap tak boleh saling mendahului.

Selain itu, para pembalap juga harus menahan laju mobilnya di belakang safety car sehingga keunggulan Verstappen terkikis begitu saja.

Proses evakuasi mobil dan pembersihan debris di lintasan ternyata memakan waktu cukup lama. Safety car pun terus memimpin rombongan selama beberapa putaran.

Balapan kembali berlangsung normal saat safety car masuk ke pit lane di penghujung lap ke-35 dan balapan kembali dimulai dengan menyisakan 15 putaran. Verstappen berhasil menjaga posisinya selepas restart begitu pula dengan Sergio Perez yang mampu bertahan dari ancaman Lewis Hamilton.

Saat Perez dan Hamilton berduel ketat untuk peringkat kedua, Verstappen memanfaatkan momentum untuk kembali menjauh di posisi terdepan. Memasuki lap ke-47, kemenangan yang sudah berada di depan mata Verstappen mendadak sirna setelah ban kiri-belakang mobilnya pecah.

Verstappen kehilangan kendali dan menabrak dinding pembatas. Bendera kuning lantas dikibarkan yang kemudian berubah menjadi bendera merah. F1 GP Azerbaijan 2021 pun dihentikan sementara dan para pembalap wajib kembali ke pit lane dengan balapan yang tinggal menyisakan dua lap.

Momen ini dimanfaatkan oleh hampir semua pembalap untuk mengganti ban dengan yang lebih segar. Hamilton bahkan mengganti wing depannya yang tampak rusak terkena debris.

Setelah menanti cukup lama, balapan kembali dimulai dengan prosedur standing start alias dari posisi diam dari standing grid. Sesaat sebelum start, asap tampak keluar dari ban Hamilton yang berada di peringkat kedua.

Tujuh kali juara dunia F1 itu tak bisa membelokkan mobil di tikungan satu. Ia pun tercecer ke posisi paling belakang. Sementara itu, Perez melakukan prosedur restart dengan baik dan terus bertahan hingga melintasi bendera finis sebagai pemenang.

Pada sisi lain, nasib apes yang dialami Hamilton berhasil dimanfaatkan Vettel untuk mengambil alih posisi kedua. Sedangkan peringkat ketiga akhirnya menjadi milik Pierre Gasly yang memenangi duel alot kontra Charles Leclerc.

Berikut hasil lengkap balapan F1 GP Azerbaijan 2021:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya