Uniknya Balapan Drag Truk di Gunungkidul

Lomba drag truk di Gunungkidul.
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA – Ada pemandangan tak biasa di Lapangan Udara (Lanud) Gading, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta pada Sabtu 12 Juni 2021. Di lintasan lurus yang diset untuk drag race ini nampak sejumlah truk beradu cepat di lintasan tersebut.

Pembangunan Jalan Kelok 18 di Jalur Lingkar Selatan akan Berdampak ke Pariwisata Gunungkidul

Ketua Venture Sport Club (VSC) Yogyakarta, Najib M. Saleh mengatakan bahwa ajang adu drag truk ini merupakan salah satu kelas yang dilombakan di VSC New Normal Drag Race 2021. Total digelaran balapan ini ada 17 kelas yang dilombakan.

Najib menerangkan bahwa ajang drag truk ini diikuti oleh 12 pengemudi truk. Para pengemudi ini diadu saling cepat pada lintasan sejauh 201 meter.

Jalan Baru Tawang-Ngalang di Gunungkidul Disiapkan untuk Jalur Alternatif Mudik 2024

"Jadi ada 17 kelas yang kita lombakan. Salah satunya kelas baru yaitu drag truk. Ini baru pertama kalinya dilombakan," kata Najib, Minggu 13 Juni 2021.

Najib menerangkan gagasan awal menggelar lomba adu cepat truk ini karena kerap melihat pengemudi truk memacu kendaraannya secara ugal-ugalan di jalanan.  Najib pun tergugah untuk membuatkan wadah khusus agar pengemudi truk tak lagi ugal-ugalan kala berkendara di jalanan.

Ijeck Dorong IMI Sumut Kembangkan Sport Tourism dan Pembinaan Atlet Balap

"Karena saya pernah ngomong. Ketika ada yang ugal-ugalan di jalan segala macem itu mungkin hobinya balapan dan kenapa tidak kita lombakan aja sekalian. Ini untuk pertama kalinya kita buka (drag truk). Kemarin terkumpul 12 peserta. Peserta seluruhnya dari Yogyakarta karena baru 2-3 hari menjelang event baru kita publikasikan,"papar Najib.

Najib memaparkan, sebenarnya ada sejumlah peserta dari luar Yogyakarta seperti dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang tertarik untuk ikut serta di drag truk ini.

Najib membeberkan karena baru pertama kali digelar, adu cepat truk di lintasan lurus ini belum memunyai aturan khusus terkait pembatasan mesin maupun aturan lainnya. Najib memaparkan saat lomba digelar, truk yang terjun ke lintasan balap dalam kondisi standar semua.

"Ke depan akan kita buka kelas modifikasi. Kalau kemarin kelas standar saja. Kemarin jarak yang dilombakan 201 meter, ke depan akan kita akan lombakan kelas 402 meter," ucap Najib.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya