Max Verstappen Rebut Pole Position F1 GP Prancis 2021

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen
Sumber :
  • Twitter/@redbullracing

VIVA – Sesi kualifikasi Formulai 1 (F1) GP Prancis baru saja tuntas digelar di Sirkuit Paul Ricahrd, Sabtu 19 Juni 2021. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, sukses merebut pole position berkat catatan waktu 1 menit 29,990 detik pada sesi Q3.

11 Tahun di Mercedes, Lewis Hamilton Resmi Hengkang ke Ferrari

Ini menjadi pole position kedua bagi Verstappen pada musim ini atau yang kelima selama berkiprah di kancah F1 sejak musim 2015.

Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh pembalap Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton. Catatan waktunya lebih 0,258 detik dari Verstappen.

Lewis Hamilton Ingin Tampil di F1 hingga Usia Kepala 4

Kualifikasi baru dimulai beberapa menit, sesi harus diskors harus berhenti karena yang memaksa bendera merah berkibar. Insiden dialami Yuki Tsunoda (AlphaTauri) yang mobilnya melebar saat di tikungan pertama hingga menabrak dinding pembatas.

Usai proses evakuasi beres, kualifikasi F1 GP Prancis 2021 dilanjutkan dengan 19 pembalap tersisa. Para pembalap bersaing mencatatkan waktu terbaik agar tidak tereliminasi pada Q1.

Satu Dekade Legenda F1 Michael Schumacher Lenyap Ditelan Bumi, Masih Ada Harapan Muncul ke Publik?

Sesi Q1 menyisakan kurang dari satu menit, bendera merah kembali berkibar. Kali ini, Mick Schumacher (Haas) yang mengalami kecelakaan tunggal di tikungan ketujuh.

Para pembalap pun yang masih di lintasan wajib kembali ke pit lane dan tak bisa mempertajam catatan waktunya lagi. Nicolas Latifi (Williams), Kimi Raikkonen (Alfa Romeo), Nikita Mezepin (Haas), Lance Stroll (Aston Martin), dan Tsunoda pun jadi lima nama yang tereliminasi di Q1.

Usai jeda, kualifikasi dilanjutkan ke Q2 yang diikuti 14 pembalap. Sesi Q2 berjalan lebih mulus karena jarang ada insiden yang sampai membuat bendera merah berkibar.

Esteban Ocon (Alpine), Sebastian Vettel (Aston Martin), Antonio Giovinazzi (Alfa Romeo), dan George Russell (Williams), dan Schumacher, harus tereliminasi dan tak bisa mengikuti Q3.

Kualifikasi F1 GP Prancis 2021 pun ditutup dengan perebutan pole position pada Q3 yang diikuti 10 pembalap tersisa. Pada akhir sesi, Verstappen sukses mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 29,990 detik.

Berikut hasil lengkap kualifikasi F1 GP Prancis 2021:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya