Hamilton Minta F1 Kembalikan Uang Penonton GP Belgia

Pembalap Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton.
Sumber :
  • Instagram.com/lewishamilton/

VIVA – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton menilai, para penonton Grand Prix Belgia akhir pekan lalu layak mendapatkan uangnya kembali setelah menunggu berjam-jam saat hujan untuk menyaksikan balapan terpendek dalam sejarah Formula 1.

PPP Ajukan Gugatan Pada 18 Provinsi ke MK Karena Merasa Suara Hilang di Pemilu 2024

Balapan basah di Sirkuit Spa-Francorchamps itu dihentikan setelah para pembalap, dipandu di Safety Car, menjalani dua lap minimal yang dibutuhkan agar separuh poin dapat diberikan kepada 10 pembalap teratas dan juga sebagai kewajiban untuk pemegang hak siar.

"Pembicaraan soal uang dan dua lap untuk memulai balapan semuanya adalah skenario uang," kata juara dunia tujuh kali Hamilton, yang finis peringkat tiga hari itu untuk Mercedes, kepada Sky Sport, Senin 30 Agustus 2021.

Tidak Batasi Siapa yang Ingin Bertemu, PPP: Apalagi Prabowo dan Partai Gerindra

"Jadi setiap orang mendapat jatah uangnya dan saya kira para fans seharusnya dikembalikan juga (uangnya oleh F1). Karena sayangnya mereka tidak mendapat apa yang mereka bayar," lanjutnya.

Sang pembalap Inggris itu juga mengatakan bahwa ia sangat kecewa tak bisa menghibur para penonton karena kondisi trek yang tidak memungkinkan untuk balapan.

KPU Sudah Sahkan Rekapitulasi Pemilu 2024 di 34 Provinsi, Prabowo-Gibran Unggul di 32 Provinsi

"Tentunya kita tidak bisa mengendalikan cuaca, dan saya mencintai balapan ketika hujan, tapi hari ini lain. Anda benar-benar tidak bisa melihat mobil di depan, ada aquaplaning, sayangnya ini suatu kekacauan di trek," kata Hamilton dikutip Reuters.

"Akan tetapi fans tetap hujan-hujanan. Mereka masih memiliki energi, mereka menciptakan atmosfer tapi kita kehilangan balapan hari ini. Saya rasa mereka berhak mendapat uang kembali."

Tak memungkinkan untuk melakukan overtaking, pembalap tim Red Bull Max Verstappen berhak menjadi juara, diikuti oleh pebalap Williams George Russell, dan Hamilton yang melengkapi podium.

Balapan dihentikan pada pukul 18:44 waktu setempat, atau tiga jam 44 menit setelah jadwal semula. Verstappen, yang mendapat begitu banyak dukungan dari para fan Oranye, juga bersimpati kepada para penonton.

"Saya rasa hari ini pujian layak diberikan kepada semua fan di trek ini yang tetap bertahan di sana sepanjang hari di tengah hujan, dingin, dan kondisi berangin, jadi saya kira mereka pemenang sebenarnya hari ini," kata Verstappen. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya