Morbidelli dan Dovizioso Bakal Gunakan Motor Baru di MotoGP San Marino

Pembalap SRT Yamaha, Franco Morbidelli
Sumber :
  • instagram.com/frankymorbido

VIVA – Untuk keenam kalinya pada musim ini, Yamaha Motor Racing harus mengganti personel kedua tim mereka di MotoGP 2021. Pada MotoGP San Marino 2021, akhir pekan besok, Franco Morbidelli akan melakukan debutnya di Monster Energy Yamaha, dan Andrea Dovizioso bersama Petronas Yamaha SRT.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Mereka yang bertanggung jawab di Yamaha Motor Racing memiliki pekan dan bulan yang penuh gejolak belakangan ini. Karena, kontrak Maverick Vinales yang seharusnya berakhir pada 2022 harus terputus sebelum waktunya.

Akibatnya, pembalap asal Spanyol itu diskors pada MotoGP Austria, karena kecewa dengan motor Yamaha di MotoGP Styria. Vinales pun hanya bisa mengeluh dan menyerah.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Di saat bersamaan, Valentino Rossi mengumumkan pengunduran dirinya di akhir musim pada 5 Agustus 2021 silam. Lalu, perusahaan minyak asal Malaysia, Petronas mengumumkan pengunduran dirinya sebagai sponsor utama Sepang Racing Team setelah menjalin kebersamaan selama 3 tahun.

Mengutip Speedweek, selama menjalin kebersamaan, Petronas telah menggelontorkan sekitar 30 juta euro per tahun bagi Sepang Racing Team. Namun sekarang, Petronas telah mengumumkan pengunduran dirinya karena kurangnya anggaran.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Yamaha pun kemudian memecat Vibales pada pertengahan Agustus. Dia pun dibebaskan untuk terikat kontrak dengan Aprilia Racing.

Selanjutnya, Yamaha Monster Energy dan Petronas Yamaha SRT harus mencari pengganti baru setelah kepergian Vinales dan cederanya Morbidelli.

Setelah lututnya terluka pada akhir Juni, Morbidelli pertama-tama digantikan oleh pembalap superbike, Garrett Gerloff, di Sirkuit Assen. Kemudian, pada dua kali seri di Spielberg, Morbidelli digantikan Cal Crutchlow, dan di Silverstone serta Aragon, ada nama Jake Dixon yang menggantikan pembalap asal Italia tersebut.

Sedangkan di Monster Energy Yamaha, pada seri di Inggris dan Aragon, tempat Vinales digantikan oleh Crutchlow. Dan, pada MotoGP Austria, motornya tetap tak berawak.

Di Misano nanti, susunan pemabalap Yamaha semakin dibolak-balik. Karena, Dovizioso sekarang akan melakukan debutnya bersama Rossi di Petronas Yamaha SRT. Sementara itu, Morbidelli akan naik kelas ke Monster Energy Yamaha, untuk menemani Fabio Quartararo, yang merupakan rekan sebelumnya di Petronas Yamaha SRT pada musim 2019 dan 2020. 

Baik Petronas Yamaha SRT maupun Yamaha Motor Racing belum secara resmi mengonfirmasi daftar pembalap mereka dalam siaran pers. Tapi, Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, telah menjanjikan kembalinya Morbidelli dan pengumuman penandatanganan Dovizioso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya