Terkejut, Dulu Franco Morbidelli Cuma Jadi Cadangannya Doni Tata

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.
Sumber :
  • Instagram/@sepangracingteam

VIVA – Franco Morbidelli kini resmi bergabung dengan Monster Energy Yamaha MotoGP, menggantikan Maverick Vinales yang dipecat dan akhirnya pindah ke Aprilia. Franco Morbidelli akan melakukan debutnya bersama tim pabrikan Yamaha di MotoGP Misano.

Kerja Sama Pertamina Lubricants dengan VR46 di Luar MotoGP

Sebelum menjadi pembalap MotoGP, Franco Morbidelli memulai karir sebagai pembalap profesional pada ajang European Superstock 600 pada musim 2011. Satu tahun sebelumnya seperti diberitakan oleh Speedweek, ayahnya Morbidelli bertemu dengan Graziano Rossi ayahnya Valentino Rossi.

Ayahnya Morbidelli meminta bantuan dan bimbingan Graziano Rossi agar Morbidelli mendapatkan jenjang karir yang lebih layak, Morbidelli pun menjadi pembalap junior pertama yang berlatih dengan Valentino Rossi. Sebelum Valentino Rossi membuat VR46 Riders Academy pada tahun 2013.

Francesco Bagnaia hingga Marc Marquez Siap Saling Jegal di Seri Pembuka MotoGP Qatar

Pembalap yang punya nomor start 21 ini akhirnya berhasil meraih gelar juara di ajang European Superstock 600, pada tahun 2013 bersama San Carlo Team Italia Kawasaki yang kala itu dikelola oleh Gresini Racing.

Karena penampilannya apik, Fausto Gresini akhirnya memberi kesempatan untuk Morbidelli untuk mencicipi kejuaraan dunia Moto2. Morbidelli akhirnya pertama kali mencicipi motor dan kejuaraan dunia Moto2, pada seri Misano tahun 2013.

Francesco Bagnaia Tambah Kontrak di Ducati, Nilai Gajinya Bocor ke Publik

Uniknya, motor yang dipakai oleh Morbidelli adalah motornya Doni Tata. Ketika itu Morbidelli hanya menjadi cadangan dari pembalap asal Yogyakarta yang kala itu mengalami cidera.

"Iya itu kejadiannya di Misano, kala itu cidera bahu saya kambuh lagi. Sehingga saya tidak bisa ikut balapan di Misano, nah yang menggantikan saya waktu itu Franco Morbidelli," ungkap Doni Tata kepada Viva Otomotif.

Lebih lanjut Doni Tata menjelaskan bahwa setelah itu, dirinya bertemu kembali dengan Morbidelli di seri Jepang dan Valencia. Kala itu Morbidelli menggantikan pembalap asal Thailand Thitipong Warokorn, yang kala itu membela tim Thai Honda PTT Gresini Moto2. "Waktu itu Thitipong cidera waktu balapan di Australia," beber Doni.

Ketika Doni Tata tidak balapan di tahun 2014, Morbidelli diberi kesempatan untuk mengikuti balapan sebanyak full seri bersama Italtrans Racing Team dengan menempati posisi 11 dengan berhasil meraih 75 poin.

Morbidelli memulai karirnya di MotoGP pada tahun 2018, setelah setahun sebelumnya pembalap berambut gondrong ini berhasil meraih juara dunia Moto2 ketika balapan bersama EG 0,0 Marc VDS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya