Terkejut, Dulu Franco Morbidelli Cuma Jadi Cadangannya Doni Tata

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli.
Sumber :
  • Instagram/@sepangracingteam

VIVA – Franco Morbidelli kini resmi bergabung dengan Monster Energy Yamaha MotoGP, menggantikan Maverick Vinales yang dipecat dan akhirnya pindah ke Aprilia. Franco Morbidelli akan melakukan debutnya bersama tim pabrikan Yamaha di MotoGP Misano.

Sebelum menjadi pembalap MotoGP, Franco Morbidelli memulai karir sebagai pembalap profesional pada ajang European Superstock 600 pada musim 2011. Satu tahun sebelumnya seperti diberitakan oleh Speedweek, ayahnya Morbidelli bertemu dengan Graziano Rossi ayahnya Valentino Rossi.

Ayahnya Morbidelli meminta bantuan dan bimbingan Graziano Rossi agar Morbidelli mendapatkan jenjang karir yang lebih layak, Morbidelli pun menjadi pembalap junior pertama yang berlatih dengan Valentino Rossi. Sebelum Valentino Rossi membuat VR46 Riders Academy pada tahun 2013.

Pembalap yang punya nomor start 21 ini akhirnya berhasil meraih gelar juara di ajang European Superstock 600, pada tahun 2013 bersama San Carlo Team Italia Kawasaki yang kala itu dikelola oleh Gresini Racing.

Karena penampilannya apik, Fausto Gresini akhirnya memberi kesempatan untuk Morbidelli untuk mencicipi kejuaraan dunia Moto2. Morbidelli akhirnya pertama kali mencicipi motor dan kejuaraan dunia Moto2, pada seri Misano tahun 2013.

Uniknya, motor yang dipakai oleh Morbidelli adalah motornya Doni Tata. Ketika itu Morbidelli hanya menjadi cadangan dari pembalap asal Yogyakarta yang kala itu mengalami cidera.

"Iya itu kejadiannya di Misano, kala itu cidera bahu saya kambuh lagi. Sehingga saya tidak bisa ikut balapan di Misano, nah yang menggantikan saya waktu itu Franco Morbidelli," ungkap Doni Tata kepada Viva Otomotif.