Rilis Logo Resmi, ITDC-MGPA Siap Angkat Sport Tourism Mandalika

ITDC-MGPA luncurkan logo resmi balap Mandalika
Sumber :
  • VIVA/Pratama Yudha

VIVA – Setelah menunggu cukup lama, mimpi para pencinta balap Tanah Air untuk menyaksikan balapan kelas dunia di Indonesia segera terwujud. Itu ditandai dengan munculnya dua logo resmi bertajuk Mandalika GP Series dan Mandalika Xperiences.

Mobil-mobil JDM Bakal Ramaikan Sirkuit Mandalika

Peluncuran dilakukan oleh PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) pada Selasa 19 Oktober 2021, di Jakarta. Terdapat dua logo resmi ini yang berbeda peruntukkannya.

ITDC-MGPA luncurkan logo resmi balap Mandalika

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha
Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Logo pertama yang bertajuk "Mandalika GP Series" memiliki sentuhan warna merah, biru tua, dan kuning. Logo ini khusus digunakan untuk berbagai ajang balap yang akan digelar di Sirkuit Mandalika.

Sementara, logo "Mandalika Xperiences" yang terdiri dari warna ungu, biru muda, dan kuning lebih diperuntukkan sebagai identitas untuk berbagai kegiatan lain di luar balap yang akan digelar di kawasan Mandalika.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Intinya, dengan lahirnya logo ini, ITDC dan MGPA telah siap untuk menggelar event sport tourism, khususnya balap motor FIM World Superbike (WSBK) pada November 2021 serta FIM MotoGP World Championship (MotoGP) Seri Indonesia pada Maret 2022 di The Mandalika, Lombok, NTB.

ITDC-MGPA luncurkan logo resmi balap Mandalika

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Kami (ITDC) bersama MGPA secara resmi meluncurkan 2 logo yang akan kami gunakan dalam event-event yang akan dilaksanakan di The Mandalika. Dengan peluncuran logo identitas resmi ini kami nyatakan kesiapan kami dalam menggelar berbagai event sport tourism di The Mandalika, termasuk event balap yang akan berlangsung," ujar Direktur Keuangan, Strategi, dan Manajemen Risiko ITDC Nugdha Achadie dalam konferensi pers di Jakarta.

"Kami berharap kegiatan ini dapat semakin meneguhkan dan memperkuat brand image The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dengan konsep Sport Tourism Destination," lanjutnya.

Terkait filosofi kedua logo tersebut, Direktur Utama MGPA Ricky F. Baheramsjah menjelaskan bahwa logo Mandalika GP Series menggunakan warna tropis yang menunjukkan kegembiraan baru dari olahraga balap melalui warna yang mewakili daya pikat yang hidup di wilayah Indonesia.

ITDC-MGPA luncurkan logo resmi balap Mandalika

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

Warna pada logo ini juga memiliki makna di antaranya, warna merah melambangkan kecepatan dan percaya diri, warna kuning melambangkan energi dan semangat, warna biru melambangkan tantangan dan kebebasan, serta warna abu-abu melambangkan profesionalisme serta adaptif.

“Sementara Logo Mandalika Experiences menggunakan warna segar guna memperkuat image Mandalika Experiences sebagai sumber hiburan. Warna-warna ini terinspirasi dari warna songket yang mewakili warisan budaya Indonesia," ujar Ricky.

"Selain itu, warna yang dipilih juga melambangkan kemeriahan dan keragaman yang akan ditemukan selama acara Mandalika Xperiences. Warna pada logo ini memiliki makna diantaranya, warna ungu melambangkan budaya dan ekspresi, warna kuning melambangkan energi dan semangat serta biru muda melambangkan emosi dan kreatifitas,” jelasnya.

Rencananya, logo ini akan mulai digunakan di sejumlah event mulai November mendatang bersamaan dengan gelaran World Superbike. Termasuk ajang Asia Talent Cup yang akan dihelat sepekan sebelum World Superbike.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya