Pekerja Sirkuit Mandalika Nyambi Youtuber, Ujungnya Kontroversi

Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • instagram.com/themandalikagp/

VIVA – Jelang perhelatan World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, muncul satu kontroversi. Hal ini disebabkan oleh seorang pekerja pembangunan Sirkuit Mandalika yang nyambi jadi Youtuber.

Daud Kim, YouTuber Terkenal Asal Korea Selatan Ini Gigih Bangun Masjid di Incheon

Akun Soul Kuta Lombok kini jadi sasaran kritik warganet. Banyak yang mengecamnya karena telah membuat tim Ducati marah. Dia mengunggah sebuah video yang memperlihatkan orang tanpa seragam bea cukai sedang memeriksa motor.

Hal itu amat dilarang dalam sebuah penyelenggaraan balapan. Karena yang boleh melakukan pemeriksaan cuma petugas bea cukai guna memastikan kesesusaian material yang tertera dalam keterangan pengiriman.

Aprilia Luncurkan Motor Edisi Spesial RSV4

Tapi, video yang diunggah Soul Kuta Lombok ke Youtube justru menonjolkan orang tanpa seragam bea cukai sedang memegang motor Ducati V4R. Jelas ini melanggar kode etik dan membahayakan kerahasiaan teknologi kendaraan.

Merujuk channel Youtube-nya, akun ini sudah sejak dalam masa pembangunan awal membagikan proses pengerjaan melalui video. Detail pembangunan sangat jelas jika terus mengikuti unggahan terbaru.

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Dalam keterangan video yang dia unggah pun dengan jelas menyebutkan bahwa berstatus sebagai pekerja pembangunan Sirkuit Mandalika.

Petugas bea cukai di Sirkuit Mandalika

Photo :
  • instagram.com/beacukaimataram

"Kami pekerja terus mempercepat semua titik pengerjaan mulai dari track, paddock, podium, race control, tribun, pengecatan track, kerb, run off, barrier, tunnel, lampu penerang, gravel, pagar, parkir dan keseluruhan sirkuit maupun non sirkuit. Kami pekerja minta do'anya agar kami diberikan kesehatan & semangat untuk menyelesaikan sirkuit kita tercinta ini."

Tapi, ketika sebentar lagi Sirkuit Mandalika rampung dan jadi tuan rumah WSBK, kontroversi dia munculkan. Alhasil warganet memberi kecaman keras karena dianggap telah membuat malu.

Berakhir Pemecatan

Akibat dari kontroversi yang dibuatnya, pemilik akun Youtube Soul Kuta Mandalika harus menerima kenyataan dipecat. Dia dinaggap telah melakukan tindakan yang ada di luar kendali.

"Kejadian ini di luar kendali kami. Pegawai yang terlibat sudah dipecat," kata Direktur WorldSBK, Gregorio Lavilla.

Ketika banyak kritik yang berdatangan kepadanya, pemiliki akun Youtube ini juga memberi klarifikasi terkait sosok pria tanpa seragam bea cukai yang memegang motor Ducati. Dia menegaskan tidak mengenal pria itu.

Di dalamnya pula dia menegaskan, bahwa yang membuka box motor Ducati adalah petugas bea cukai. Dan dia mengaku salah telah merekam dan mengunggah video di Youtube.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya