Terkuak, Sosok di Balik Penebangan Pohon di Sekitar Sirkuit Mandalika

Penebangan pohon di sekitar Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • Humas Polres Lombok Tengah

VIVA – Baru-baru ini, sempat viral soal penebangan pohon di luar Sirkuit Mandalika. Kini, diketahui itu merupakan perintah Kapolres Lombok Tengah, AKBP Hery Indra Cahyono.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Sebelumnya, pohon-pohon tersebut digunakan warga sebagai podium menyaksikan IATC secara ilegal.

"Terkait hal tersebut pemilik tanah atas nama Haji Sulame sudah memberikan izin untuk melakukan penebangan pada hari Minggu 14 November 2021. Hal itu dilakukan sebagai upaya mengamankan arena Sirkuit Mandalika, serta sebagai upaya mengantisipasi terjadinya hal hal yang tidak diinginkan," kata Kasi Humas Polres Lombok Tengah IPTU Susan V Sualang.

Peringati Hari Bumi Sedunia, IMIP Tanam 1.000 Pohon Pelindung

Pohon di dekat Sirkuit Mandalika ditebang untuk hindari warga memanjat

Photo :
  • Tangkapan layar

Dengan menggunakan gergaji mesin, pohon-pohon yang digunakan warga memanjat menyaksikan balapan akhirnya tumbang. Kapolres juga menyaksikan langsung penebangan pohon tersebut.

Indonesia Penghasil Emisi Karbon Terbesar di Dunia, Tanam Lebih Banyak Mangrove Bisa Jadi Solusinya

"Ini adalah salah satu bentuk respon Polres Lombok Tengah dalam upaya pengamanan dan menjaga keselamatan masyarakat," ujarnya.

Disebutkan, penebangan pohon bukan melarang warga menyaksikan balapan di Sirkuit Mandalika, tapi sebagai upaya menjaga keselamatan warga.

Sebelumnya beberapa aktivis menilai penebangan pohon tersebut adalah tindakan yang berlebihan. Hal itu kontras dengan aktivitas Jokowi saat berada di Lombok yang diisi dengan kegiatan menanam pohon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya