Raja Salman Tawarkan Sirkuit Mandalika Jadi Tuan Rumah F1

Sirkuit Mandalika
Sumber :

VIVA – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud, menawarkan Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat untuk jadi tuan rumah balapan Formula 1. Dikabarkan, Raja Salman menghubungi pemerintah Indonesia untuk membicarakan hal itu.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, membenarkan tawaran Raja Salman tersebut. Dia bersyukur sekali jika Indonesia mendapat penawaran seperti itu.

"Alhamdulillah, memang Indonesia sudah ditawari oleh Raja Salman untuk menjadi tuan rumah Formula 1 dan permintaanya digelar di Sirkuit Mandalika," ujar Zulkiflimansyah, Kamis, 18 November 2021.

Raja Salman Ucapkan Selamat ke Prabowo jadi Presiden Terpilih: Semoga Sukses

Meski telah mendengar langsung kabar tersebut dari pemerintah pusat. Namun, Zulkieflimansyah belum menjelaskan secara detail F1 edisi tahun berapa yang ditawarkan kepada Indonesia.

Salah satu syarat yang bisa membuat Indonesia berkesempatan menggelar F1 adalah sukses melaksanakan MotoGP 2022 pada Maret 2022 nanti.

Raja Salman Gelontorkan Rp12,5 Triliun untuk THR Fakir Miskin hingga Pengangguran di Saudi

"Jika nanti MotoGP bisa berlangsung dengan baik, arahnya akan ke sana. Kehadiran MotoGP menjadi trigger awal untuk potensi lain," katanya.

Ekonomi Lombok Bergeliat

Pada akhir pekan ini, Sirkuit Mandalika akan jadi tuan rumah gelara World Superbike (WSBK). Kemudian berlanjut ke MotoGP pada tahun depan.

Dua ajang ini diharap bisa jadi batu loncatan Sirkuit Mandalika mendunia. Sehingga kepercayaan internasional terus berdatangan.

Zulkieflimansyah mengatakan, sejauh ini ekonomi Lombok ikut bergeliat. Di mana sektor pariwisata, seperti hotel sudah mendapat keuntungan.

"Kami informasikan penerbangan ke Lombok sekarang penuh semua dan hotel sudah penuh semua, tidak hanya di Mandalika. WSBK ini akan menjadi feedback yang positif untuk Lombok, Indonesia, dan dunia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya