Pengamanan Ketat Buat Pelaksanaan WSBK Mandalika Hari Pertama Lancar

Balap World Superbike Mandalika
Sumber :
  • Twitter/@WorldSBK

VIVA – Sirkuit Mandalika akhirnya memulai debut pada pelaksanaan World Superbike (WSBK) di akhir pekan ini, 19-21 November 2021. Penyelenggaraan pada hari pertama terbilang lancar.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

Tak ada kendala berarti terutama dalam hal pengamanan. Lalu lintas di sekitar arena sama sekali tak ada hambatan.

Itu lantaran pihak pengamanan setempat telah melakukan rekayasa sedemikian rupa untuk mencegah penumpukan kendaraan. Mereka juga menyiapkan sejumlah wilayah untuk dijadikan kantong parkir dan memudahkan penonton dalam menitipkan kendaraannya.

Adu Banyak Penonton MotoGP 2023, Indonesia di Urutan Berapa?

Situasi pengamanan WSBK Mandalika

Photo :
  • Istimewa

"Hari pertama arus lalu lintas dapat berjalan lancar sesuai rekayasa yang telah dilakukan, kantong parkir, pemanfaatan shuttlebus menjadi kunci utama untuk mengurangi kemacetan," ujar Kabid Humas Polda NTB Kombes Artanto dalam keterangannya, Sabtu, 20 November 2021.

Mandalika Hilang dari Kalender WSBK Musim Depan

Selain itu, kata dia, terdapat tiga patroli gabungan untuk mengurai kemacetan lantas, tim siaga cepat, dan satgas prokes. Seluruhnya berpatroli selama 24 jam yang bertujuan memberikan efek gentar yang positif demi menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sehingga nihil gangguan. 

"Nihil permasalahan copet, curanmor, dan sebagainya. Masyarakat atau penonton nyaman dalam event ini," jelas dia.

Situasi pengamanan WSBK Mandalika

Photo :
  • Istimewa

Mengenai pengamanan terhadap para ofisial dan pembalap, ia mengatakan, bersifat tertutup dan fleksibel. Menurutnya, budaya orang asing berbeda dengan di Indonesia, mereka menginginkan polisi berpakaian dinas tidak terlalu nampak sekali.

"Kita memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan bagi tamu tersebut, seperti adanya floating polisi di setiap hotel, keberadaan polisi di jalur lalu lintas, patroli terbuka (show of force), patroli tertutup (reserse/intel), adanya pos-pos pengamanan polisi, patroli jalan kaki, patroli K9 (anjing polisi)," kata Artanto.

"Di laut kita ada patroli kapal polair dan patroli udara helikopter, jadi all out kewaspadaan guna minimalisir orang yang berniat jahat," lanjutnya.

Seri Mandalika bakal jadi seri yang bersejarah lantaran menjadi penentuan juara WSBK 2021 antara Toprak Razgatlioglu dengan Jonathan Rea. Saat ini, Razgatlioglu masih memimpin dengan 531 poin. Unggul 30 angka dari Rea di posisi kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya