Sah, Federal Oil dan Gresini Racing Bawa Indonesia ke MotoGP 2022

Federal Oil resmi menjadi sponsor tim Gresini Racing di MotoGP 2022
Sumber :
  • Federal Oil

VIVA – Kolaborasi Federal Oil dengan Gresini Racing di kelas Moto2 diakhiri dengan manis pada balapan seri penutup MotoGP musim 2021.

Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Salah satu pembalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) Fabio Di Giannantonio berhasil mempersembahkan podium di Valencia, Spanyol pada Minggu 14 November 2021 lalu

Hal ini sekaligus menandai dimulainya kolaborasi lanjutan yang lebih spesial di  tahun 2022 dimana Federal Oil resmi menjadi sponsor tim Gresini Racing untuk kelas premium atau tertinggi yaitu MotoGP. Federal Oil juga menjadi sponsor Indonesia pertama di kelas paling bergengsi ini.

Maverick Vinales Won the 2024 American MotoGP Race

Carlo Merlini selaku Commercial and marketing director Gresini Racing mengatakan, ini adalah ikatan dari fakta bahwa Indonesia adalah negara kunci bagi dunia MotoGP. Sebab, seri ini memiliki pengikut terbesar di seluruh dunia. 

"Kesempatan untuk naik ke platform MotoGP Gresini diambil pertama dan terutama oleh Federal Oil, ketika sponsor utama Moto2 Gresini memutuskan untuk memindahkan komitmennya ke MotoGP dengan menjadi sponsor Indonesia pertama di kelas paling bergengsi," kata Carlo Merlini.

Klasemen MotoGP 2024: Jorge Martin Pertama, Vinales Masuk 3 Besar Usai Menang di Amerika

Kemitraan yang baru di kelas MotoGP ini tentunya menjadi euforia tersendiri karena Indonesia merupakan basis terbesar penggemar MotoGP di dunia 

Selain itu  juga bertepatan dengan mulai beroperasinya sirkuit Mandalika yang menandai Indonesia juga mulai menjadi negara yang akan menjadi sorotan dunia Internasional. 

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Federal Oil untuk membuktikan bahwa konsistensi membuat Bangga Indonesia terus dilanjutkan pada kemitraan di 2022.

Patrick Adhiatmadja selaku Executive Chairman PT Federal Karyatama dan PT ExxonMobil Lubricants Indonesia mengatakan, setelah lebih dari satu dekade kemitraan dengan Gresini Racing, tidak sulit untuk mereka melanjutkan kekeluargaan dalam bentuk komitmen ini ke jenjang yang lebih tinggi yaitu MotoGP

"Hubungan baik telah terjalin sejak dulu saat mendiang Fausto Gresini masih bersama dengan kita bahkan sampai dengan saat ini melalui Nadia dan Carlo,” ungkap Patrick setelah penandatanganan secara simbolis kemitraan di MotoGP 2022 pada 12 November 2021 di Valencia, Italy.
 
“Kami berharap agar kemitraan yang baik ini terus berlanjut di tahun-tahun yang akan datang dan tentunya harus dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak apalagi Indonesia punya fan base yang cukup fanatik pada MotoGP dan tahun depan akan lebih spesial dengan hadirnya sirkuit Mandalika. Oleh karena itu kami yakin bahwa Federal Oil, sebagai merek yang telah hadir di Indonesia lebih dari 33 tahun, bersama dengan Gresini Racing di kelas MotoGP bisa semakin membuat bangga Indonesia,” tambah Patrick.


Pada kelas MotoGP musim balap 2022 Gresini Racing akan didukung oleh para pembalap yang telah terbukti cemerlang di musim balap tahun ini yang telah resmi diumumkan yaitu Fabio Di Giannantonio dan Enea Bastianini.

Kedua pebalap tersebut merupakan anak didik mendiang Fausto Gresini yang adalah pendiri dari Gresini Racing. 

Sejarah panjang bersama Tim Gresini Racing dilalui dengan torehan prestasi podium yang telah dicatatkan para pembalap-pembalapnya, seperti Gino Rea, Xavier Simeon, dan Sam Lowes. 

Tidak hanya itu, bukan kali pertama Federal Oil membawa nama Indonesia ke pentas balapan melalui tim FOGM2, setelah pada tahun 2013 berhasil membawa Doni Tata sebagai pembalap utama asal Indonesia yang pertama kali tampil di kelas Moto2.

Pada tahun 2017 FOGM2 juga memberikan jatah wildcard kepada pembalap Indonesia lain, Dimas Ekky Pratama pada gelaran seri Sepang, Malaysia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya