Duh, Pembalap World Superbike 2021 Keluhkan Aspal Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika
Sumber :

VIVA – Sirkuit Mandalika saat ini menjadi panggung pembalap-pembalap kelas dunia dalam ajang World Superbike (WSBK) 2021 pada 19-21 November.

MS Glow For Men Racing Team Tampil Memukau di Mandalika Racing Series 2024

Berbagai penilaian diungkapkan, ada yang memberikan pujian, namun ada juga yang menyampaikan keluh kesahnya.

Seperti yang diungkapkan Toprak Razgatlioglu. Pembalap Pata Yamaha tersebut menilai, ada bagian aspal Sirkuit Mandalika yang tergerus.

Adu Banyak Penonton MotoGP 2023, Indonesia di Urutan Berapa?

“Aspalnya sedikit tergerus di tikungan pertama. Sebenarnya kondisi tidak buruk. Tetapi, ketika mengikuti pembalap lain, batu serpihan aspal mengenai saya. tetapi, itu bukan masalah besar,” kata Razgatlioglu.

Mandalika Hilang dari Kalender WSBK Musim Depan

Hal senada juga disampaikan juara dunia enam kali World Superbike, Jonathan Rea. Dia menyebut, lintasan Sirkuit Mandalika kotor karena banyak serpihan aspal berserakan. 

Bukan cuma itu, lintasannya juga bergelombang sehingga menyulitkan pembalap asal Irlandia itu untuk berakselerasi. 

Hal itu terbukti dengan raihannya di latihan bebas pertama yang cuma menduduki posisi 11. “Layout bagus, hanya cukup kotor di sana, terutama off line," kata Rea.

Meski demikian, Rea tetap memberikan pujian untuk Sirkuit Mandalika. Dia menyebut Sirkuit Mandalika seperti Misano yang merupakan kandang legenda MotoGP, Valentino Rossi.

"Tikungan terakhir seperti Termas (de Rio Hondo di Argentina). Tikungan 1, saya merasa hampir seperti Donington (Park). Tikungan 3 versi lambat seperti Misano. Kemudian sektor tengah sangat cepat,” ucapnya.

Sementara itu, pujian datang dari pembalap Ducati, Michael Ruben Rinaldi. Dia mengaku kagum dengan keindahan Sirkuit Mandalika. Ruben pun mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Presiden Jokowi dan Erick Thohir.

"Terima kasih Pak Presiden Jokowi dan Pak Erick Thohir, untuk sirkuit yang keren, terima kasih dan sampai jumpa," ucap Rinaldi di akun Instagram Menteri BUMN Erick Thohir.

Tak sampai disitu, pembalap yang saat ini berada di peringkat keempat klasemen WSBK 2021 itu juga mengabadikan penampilannya di Sirkuit Mandalika. 

Ruben mengunggah beberapa foto saat dirinya menjalani latihan bebas WSBK Mandalika 2021 "Sungguh trek yang indah," tulis Ruben.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya