Kaleidoskop 2021: Rossi Pensiun, WSBK Mandalika dan Juara Baru

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo
Sumber :
  • Fabio Quartararo

VIVA – Ajang balap internasional di tahun 2021 berjalan lebih baik dibandingkan tahun 2020. Di tahun ini, sejumlah agenda balap mulai kembali bisa dihadiri oleh penonton.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Selain itu, balapan seperti MotoGP dan Formula 1 bisa menggelar lebih banyak seri. Kendati, masih ada beberapa seri yang harus dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Balapan internasional 2020 juga ditandai dengan kehadiran sirkuit-sikuit baru. Sebut saja salah satunya yang paling fenomoenal adalah Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang untuk pertama kalinya menggelar World Superbike.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Selain itu, juara-juara baru juga hadir di balap internasional. Hal ini memunculkan era baru yang membuat jalannya balapan menjadi lebih menarik.

Apa saja yang terjadi di kancah balap internasional selama 2021 yang menjadi sorotan. Berikut ulasannya:

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

1. Valentino Rossi Putuskan Pensiun

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi.

Photo :
  • Twitter/@sepangracing

Valentino Rossi resmi pensiun menjadi pembalap MotoGP. Pada MotoGP Valencia 2021, yang berlangsung pertengahan November, dia pamit kepada para staf dan fans yang datang di Sirkuit Ricardo Tormo.

Selama dua dekade lebih menemani para pecinta MotoGP, Rossi selalu menyajikan aksi unik dan menarik, Bahka, gelar juara dunia 9 kali telah dia dapatkan.

Namun, musim depan sudah tidak nama Valentino Rossi di susunan daftar pembalap MotoGP. Pembalap berjuluk The Doctor itu sudah pensiun.

Rossi mengungkapkan alasannya untuk pensiun karena sudah merasa melambat. Dia sudah tidak bisa lagi kompetitif di ajang MotoGP di usianya yang memasuki 42 tahun.

"Di awal musim (2021), saya sudah memutuskan (lanjut balap MotoGP) pada liburan musim panas. Namun, saya malah menemukan hasil yang kurang memuaskan saat sudah balapan," ujar Rossi, seperti dikutip dari situs resmi MotoGP.

"Saya merasa kurang cepat lagi dalam balapan. Karena itu, saya terus memikirkan hal tersebut," sambungnya.

2. Sirkuit Mandalika Gelar WSBK

Balap World Superbike Mandalika.

Photo :
  • Twitter/@WorldSBK

Sempat diragukan untuk menggelar ajang internasional secara tepat waktu, Sirkuit Mandalika di akhirnya menjadi tempat seri pemungkas World Superbike 2021 pada November 2021.

Sirkuit dengan luas 4,31 km dan 17 tikungan itu sukses mengadakan WSBK dengan baik. Meskipun, pada saat hari H perhelatan, hujan deras sempat mengguyur kawasan tersebut.

Faktor cuaca sempat membuat balapan tertunda. Akan tetapi, secara umum ajang di Lombok tersebut sudah menaikkan status Indonesia sebelum menggelar ajang balap motor atau internasional lainnya.

WSBK Mandalika menjadi pemanasakan bagi Indonesia sebelum menggelar MotoGP pada April 2022 mendatang. Ini bakal menjadi puncak keseruan sekaligus ujiba bagi Mandalika menggelar ajang kelas dunia yang lebih bergengsi.

3. Fabio Quartararo Juara MotoGP

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/Pablo Morano

Fabio Quartararo sudah menunjukkan bakat hebatnya sejak bergabung dengan Petronas Yamaha pada 2018 silam. Bakat istimewanya yang cukup menonjol membuatnya menjadi perhatian tim pabrikan.

Hanya butuh satu musim bagi Quartararo untuk menjadi juara MotoGP. Sempat nyaris juara pada musim 2020, Quartararo menyelesaikan ambisinya pada MotoGP 2021.

Meski tidak terlalu didukung dengan kekuatan pada motor Yamaha tunggangannya, konsistensi Quartararo menjadi penentu keberhasilannya meraih gelar juara. Padahal, secara motor, Yamaha masih kalah dari Ducati yang sukses menyabet gelar juara tim dan konstruktor.

4. Max Verstappen Menangi F1 2021 Secara Dramatis

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen

Photo :
  • Mobil 1

Red Bull Racing kembali meraih kejayaannya usai Max Verstappen merebut gelar juara F1. Gelar juara itu direbutnya secara dramatis karena terjadi di seri pemungkas dan juga lap terakhir balapa F1 GP Abu Dhabi.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, yang di ambang meraih gelar juara F1 kedelapan beruntun harus gigit jari karena ambisinya terganjal Red Flag. Jika saja tidak terjadi kecelakaan, pembalap asal Inggris Raya bisa jadi meraih gelar juara lagi.

Namun, masuknya safety car memberi jalan bagi Verstappen mengganti ban lunak dan menyalip Hamilton secara dramatis di Sirkuit Yas Marina. Verstappen pun sukses menyegel gelar juara untuk pertama kalinya dengan raihan 395.5 poin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya