Pol Espargaro Bongkar Kunci Jadi yang Tercepat di Sirkuit Mandalika

Pembalap Repsol Honda Team MotoGP Pol Espargaro
Sumber :
  • ANTARA/ANDIKA WAHYU

VIVA – Pembalap Honda, Pol Espargaro berkilau pada hari pertama tes MotoGP di Mandalika, Jumat 11 Februari 2022. 

Martin Juara, Sprint Race MotoGP Spanyol Diwarnai Banyak Kecelakaan Termasuk Marquez & Bagnaia

Turun dalam 69 lap, dia berhasil mencetak waktu tercepat 1 menit 32,466 detik. Performa terbaik tersebut dibuat Pol pada lap 68.

Sedangkan di posisi kedua ada saudara kandung Pol, Aleix Espargaro yang membela Aprilia Racing. Dia cuma tertinggal catatan waktu 0,471 detik. 

Marc Marquez Start Terdepan di Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024

Aleix sendiri melewati 60 lap sirkuit Mandalika. Sedangkan penampilan terbaik dibuatnya pada lap 59. 

Melengkapi posisi lima besar ada Brad Binder, Alex Rins, lalu Fabio Quartararo. Dalam sesi tes ini, Pol rupanya berhasil memecahkan rekor lap tercepat di Mandalika.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Dia merebutnya Toprak Razgatlioglu yang membuat catatan pada ajang WSBK tahun lalu. Toprak punya torehan lap tercepat 1 menit 32,877 detik yang dibukukan ketikababak kualifikasi terakhir.

Pada sesi hari pertama ini sempat mengalami gangguan. Tes sempat dihentikan ketika baru berjalan satu setengah jam. Panitia mengibarkan red flag atau bendera merah karena lintasan yang kotor. 

Setelah beberapa lama panitia melakukan pembersihan lintasan, pada pukul 12.00 WITA, tes kembali dilanjutkan hingga berakhir pada pukul 17.45 WITA, atau mundur 45 menit dari yang dijadwalkan di awal.

Makin Nyaman

Usai menjadi yang tercepat, Espargaro merasa semakin nyaman mengendarai motor Honda RC213V di tahun keduanya berseragam Repsol Honda.

Sang pebalap Spanyol melalui proses adaptasi yang cukup berat ketika hijrah dari KTM ke Honda musim lalu, meskipun mampu mengamankan satu pole position di Inggris dan satu podium di Misano.

RC213V tahun ini mengalami perubahan yang cukup signifikan, mengikuti masukan dari seluruh pebalap Honda.

Espargaro mengonfirmasi kecepatan tunggangannya dengan catatan satu menit 32,466 detik, hampir setengah detik lebih cepat dari saingan terdekatnya, Aleix Espargaro dari tim Aprilia yang menempati posisi kedua tabel catatan waktu hari pertama tes di Mandalika.

Takaaki Nakagami menjadi pebalap Honda tercepat kedua, namun berjarak 0,928 detik dari pemuncak sesi di peringkat ke-11.

Rekan satu tim Espargaro, Marc Marquez bahkan mendapati dirinya terpaut 1,310 detik dari tandemnya itu.

"Saya merasa sangat nyaman setiap kali saya mengendarai motor ini," ujar Espargaro di Sirkuit Mandalika, Jumat.

"Saya bisa menggunakan rem belakang lebih sering yang sangat membantu saya... dan ini sesuatu yang mustahil dilakukan tahun lalu. Mustahil menggunakan teknik ini dengan motor Honda yang lama."

"Motor Honda yang baru ini membantu saya melakukan itu dan ini bagi saya sangat melegakan," kata dia. (Ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya