F1 GP Inggris Larang Pembalap Rusia Tampil

Kualifikasi F1 GP Inggris
Sumber :
  • twitter.com/F1

VIVA – Pembalap Haas-Ferrari, Nikita Mazepin dicoret dari seri F1 GP Inggris 2022 usai Asosiasi Motorsport Inggris (Motorsport UK) memutuskan untuk melarang semua pembalap asal Rusia berkompetisi di negara mereka.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina telah menimbulkan perang. Konflik antara keduanya pun berdampak ke semua sektor, termasuk dunia olahraga.

Inggris menjadi salah satu negara yang menentang keras tindakan Rusia terhadap Ukraina. Hal tersebut juga diikuti oleh Motorsport UK dengan memberi pernyataan tegas untuk melarang semua tim, pembalap dan simbol Negara Rusia dalam balapan yang digelar di Inggris.

Rusia Mengirimkan Lebih dari 29 Ton Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Ketua Motorsport UK, David Richards, mengatakan bahwa keputusan tersebut merupakan bentuk dukungan solidaritas untuk Ukraina. Meskipun keputusan yang mereka buat bertolak belakang dengan pernyataan dari Federasi Automobil Internasional (FIA), tapi Richards tetap yakin dengan tindakan tegasnya ini.

“Seluruh komunitas Motorsport Inggris mengutuk tindakan perang oleh Rusia dan Belarusia di Ukraina dan mengungkapkan solidaritas dan dukungannya terhadap semua yang terkena dampak konflik yang sedang berlangsung,” kata Richards dilansir dari situs resmi Motorsport UK, Kamis 3 Maret 2022.

Korban Tewas Akibat Penembakan di Gedung Konser Moskow Bertambah Jadi 140 Orang

“Kami berdiri bersatu dengan orang-orang Ukraina dan komunitas motorsport setelah invasi dan tindakan yang tidak dapat diterima yang telah terjadi. Ini adalah waktu bagi komunitas motorsport internasional untuk bertindak dan menunjukkan dukungan kepada rakyat Ukraina dan rekan-rekan kami di Federasi Automobil Ukraina (FAU),” sambungnya.

Keputusan tersebut tentunya akan berpengaruh kepada Nikita Mazepin, yang pembalap asal Rusia. Sosok berusia 23 tahun itu pun tak diizinkan berkompetisi di Tanah Britania.

Kemungkinan besar, Mazepin tidak akan berpartisipasi dalam gelaran GP Inggris 2022, yang digelar di Sirkuit Silverstone pada 3 Juli mendatang. Namun hingga kini belum ada pernyataan resmi dari sang pembalap maupun tim Haas-Ferrari mengenai hal tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya