MGPA: Proses Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Bisa Selesai Hari Ini

Spot Indah di dekat Sirkuit Mandalika, Ashtari Horizon Restaurant & Lounge
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Cahyadi Wanda, menjanjikan proses pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika (Pertamina Mandalika International Street Circuit) bisa selesai pada hari ini, Selasa 8 Maret 2022. Paling lambat pada 10 Maret 2022.

Insiden Marc Marquez di MotoGP Portugal 2024, Federal Oil Buka Suara

Aspal Sirkuit Mandalika sempat menjadi sorotan lantaran dinilai masih kurang rekat pada sesi tes pramusim MotoGP, Februari lalu. Para pembalap pun banyak yang mengeluhkan kondisi aspal tersebut.

MGPA sebagai promotor pun bergerak cepat memperbaiki kekurangan tersebut. Mereka melakukan pengaspalan ulang agar lintasan sesuai dengan yang diharapkan.

Jorge Martin Wins the 2024 Portugese MotoGP

Totalnya, ada sekitar 1,6 kilometer yang diaspal ulang. Pengerjaan sudah dimulai pada Sabtu lalu, 5 Maret 2022. Dimulai dari tikungan 16,5 atau antara tikungan 16 menuju tikungan ke 17.

Diungkapkan Cahyadi Wanda, proses pengerjaan telah sampai tahap akhir dan bahkan diklaim selesai pada hari ini, 8 Maret 2022. Namun, semua itu masih bergantung pada kondisi cuaca.

MotoGP Portugal 2024: Sang Juara Dunia Tabrakan dengan Marc Marquez, Jorge Matin Berjaya

Tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika.

Photo :
  • Istimewa

"Sebenanrya kalau secara persiapan, dalam pengaspalan pun seharusnya selesai hari ini. Tapi, jika cuaca mendukung ya," kata Cahyadi ketika ditemui wartawan dalam acara peluncuran sponsor resmi MotoGP Mandalika, di Kuningan, Jakarta, Selasa 8 Maret 2022.

"Memang, kami menargetkan selesainya pada 10 Maret. Tapi, secara timeline sebenarnya bisa selesai hari ini. Semoga cuacanya bersahabat, tapi jika tidak, selesa tanggal 10 pun, kita masih jauh dari tenggat waktu yang dtetapkan. Jadi secara prosedur semua aman," jelasnya.

Tak cuma mengenai aspal, Cahyadi juga menjanjikan bahwa proyek pengerjaan yang masih berjalan di sekitar sirkuit tak akan mengganggu jalannya MotoGP Mandalika.

Sebelumnya, dikhawatirkan debu-debu yang muncul akibat proyek tersebut bakal menjadi kendala. Namun, Cahyadi meyakinkan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bisa menyelesaikan semuanya tepat waktu.

"Mengenai itu (debu), baru kemarin Pak Basuki Hadimuljono datang, mengecek langsung semuanya. Dan saya sangat percaya dengan Pak Basuki serta KemenPUPR, selama ini tanpa mereka kita juga akan sulit mendelivered segala sesuatunya," kata Cahyadi.

ITDC dan MGPA umumkan sponsor resmi MotoGP Mandalika

Photo :
  • VIVA/Pratama Yudha

"Debu memang pasti akan terjadi. Cuma, kita sudah mengantisipasinya dan secara timeline penting bagi kami untuk menyelesaikan sesuai jadwal. Karena dengan itu kami bisa antisipasi debu, kotoran, itu bisa tereliminir dengan persiapan tersebut. Jika mepet, itu yang bahaya buat kami," tambahnya.

Sementara itu, ITDC bersama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) baru saja mengumumkan sponsor resmi yang ikut mendukung pelaksanaan MotoGP Mandalika, 18-20 Maret mendatang. Terdapat 15 perusahaan, baik dari BUMN maupun swasta yang "nampang" di kejuaraan motor paling bergengsi di dunia ini.

Kepastian tersebut diumumkan lewat konferensi pers yang digelar di kawasan Epicentrum, Kuningan, Jakarta, Selasa 8 Maret 2022. Beberapa di antaranya yang masuk sebagai sponsor adalah Pertamina, Indihome, Bank BRI, Bank Mandiri, Telkomsel, PGN, GOTO, PT. PP, Honda, Aprilia, J&T, Bank BTN, TDR, KYT, dan RCB.

"Dukungan sponsor ini tentu tanpa mereka, event ini tak akan terlaksana. Kami mewakili MGPA dan ITDC mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena sponsor itu berperan sangat besar dalam mengaplikasi berita, berbagai aktivasi. Mereka semua berperan besar dalam kelancaran MotoGP Mandalika ini," jelas Cahyadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya