Pengamanan Berlapis Disiapkan Jelang MotoGP Mandalika

Presiden Jokowi dengan Para Pembalap MotoGP
Sumber :

VIVA – Ribuan tentara dan polisi diterjunkan melakukan pengamanan ajang Pertamina Grand Prix Of Indonesia di Sirkuit Mandalika, NTB, dan pengamanan diberlakukan berlapis supaya kegiatan MotoGP Mandalika berjalan aman dan lancar.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

"Semua akses jalan menuju Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit akan dijaga oleh personel TNI dan Polri," kata Kepala Polres Lombok Tengah, AKBP Hery Cahyono, dalam keterangan tertulisnya, Kamis.

Selain menurunkan personel di beberapa akses jalan, sejumlah pos pengamanan telah dipersiapkan untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan balapan motor itu. Semua kendaraan yang keluar dan masuk menuju Sirkuit Mandalika tetap dibatasi supaya tidak menimbulkan kemacetan arus kendaraan. 

Kecelakaan KA Rajabasa Tabrak Bus dan Timbulkan Korban Jiwa, KAI Soroti Disiplin Lalu Lintas

"Semua personel telah diterjunkan di lapangan. Pemerintah telah menyiapkan kendaraan angkutan ulang-alik bagi penonton ajang MotoGP Mandalika," katanya.

Sirkuit Mandalika saat diguyur hujan.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Satria Zulfikar (Mataram)
Belasan Kali Erupsi di Gunung Api Ile Lewotolok Lembata NTT

Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letnan Kolonel Infantri I Putu Tangkas Wiratawan, mengatakan, apel pengamanan untuk menentukan dan menempatkan serta membagi tugas personel di pos-pos pengamanan, baik pengamanan di dalam maupun di luar sirkuit.

"Apel pam gabungan ini tidak hanya melihat kesiapan dari personel yang akan diterjunkan, namun juga kesiapan sarana dan prasarana dan strategi yang akan diterapkan ketika pelaksanaan pengamanan MotoGP berlangsung," katanya.

Di setiap pos pengamanan, kata dia, tentu setiap tentara dan polisi bertugas sesuai prosedur pelaksanaan baku yang sudah ditentukan. "Dan nantinya ada dua lokasi pengamanan yang akan dilakukan oleh aparat gabungan pertama, pengamanan di seputaran Sirkuit Mandalika, meliputi Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan luar Kawasan Ekonomi Khusus serta semua pintu masuk juga menjadi prioritas pengamanan," katanya.

Sinergi setiap komponen pelaksana di lapangan, baik sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan lomba balap motor internasional itu harus selalu terwujud. "Karena pada saat pengamanan, personel gabungan ini nanti akan langsung bersentuhan dengan masyarakat dalam maupun luar, untuk itu sinergitas harus selalu terjaga di lapangan demi suksesnya ajang Internasional ini," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya