Kesan Mario Aji Jalani Balap Moto3 di Sirkuit Mandalika

Pembalap Honda Team Asia, Mario Aji
Sumber :
  • twitter.com/honda_team_asia

VIVA – Pembalap Honda Team Asia, Mario Suryo Aji melalui sesi free practice Moto3 Indonesia di Sirkuit Mandalika, Jumat 18 Maret 2022. Dia memang belum bisa mencatat waktu terbaik, tapi optimistis muncul.

Menanti Sistem Deteksi Kecelakaan MotoGP yang Baru

Pada free practice pertama, Mario Aji menempati urutan ke-26. Catatan waktunya dalam melahap satu putaran Sirkuit Mandalika adalah 1 menit 54,223 detik.

Pembalap asal Indonesia itu memiliki alasan mengapa tidak bisa maksimal pada kesempatan pertama. Hujan gerimis yang turun membuat kondisi trek berbeda.

Batas Minimal Usia Pembalap Moto3 Jadi 17 Tahun

Ada sebagian trek yang basah, dan juga kering. Alhasil Mario Aji tak bisa memacu kendaraannya dengan kecepatan maksimal.

"Di FP pertama saya kesulitan dnegan grup karena treknya cukup sulit, setengah basah, setengah kering. Saya tidak menemukan ritme yang baik dengan motor," kata Mario Aji.

Idemitsu dan Honda Gelar Acara Sambut MotoGP Indonesia 2023

Pada free practice kedua yang berlangsung beberapa jam setelahnya, kondisi trek membaik. Tidak ada lagi bagian basah dan kering.

Pembalap asal Indonesia, Mario Aji di Moto3 Qatar

Photo :
  • twitter.com/honda_team_asia

Pembalap berusia 18 tahun itu berhasil memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 42,336 detik. Hasil itu menempatkannya pada urutan ke-23.

"FP kedua akhirnya kering, dan saya merasa jauh lebih percaya diri. Meski posisinya tidak seperti yang saya harapkan, tapi saya senang karena sudah lebih baik dari di Qatar," imbuhnya.

Mengaspal di Sirkuit Mandalika diakui Mario Aji sangat menyenangkan. Dia bisa menikmati sesi free practice, dan optimistis bisa lebih baik lagi.

"Tata letak Mandalika sangat menyenangkan, dan saya akan sangat menikmatinya. Sebagai resume, bukan hari yang baik, tapi juga bukan hari yang buruk," tutur Mario Aji.

Tampil di negara sendiri, Mario Aji mendapat banyak dukungan. Hal itu terlihat di media sosial. Namun, dia tak ingin malah jadi terlena akan hal tersebut.

"Saya menghargai dukungan yang saya terima dari para penggemar. Itu luar biasa, tapi saya ingin tidak memperhatikan media sosial dan fokus pada pekerjaan saya dengan tim akhir pekan ini," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya