MotoGP Mandalika Sukses, Pembangunan Infrastruktur Harus Berlanjut

Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira juara MotoGP Indonesia
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVA – Selesai sudah gelaran MotoGP Mandalika 2022. Pembalap Red Bull KTM, Miguel Oliveira, sukses menjadi pemenang dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Mandalika pada Minggu, 20 Maret 2022.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Meskipun masih banyak kekurangan dan dengan cuaca ekstrim, Indonesia bisa dibilang sukses dalam penyelenggaraan MotoGP di Mandalika.

Termasuk juga dari segi infrastruktur teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) yang memadai. Pemerintah, melalui Kementerian Kominfo menambah dukungan berupa jaringan tulang punggung atau backbone, 5G experience hingga spektrum frekuensi, agar jaringan di Sirkuit Mandalika aman dan lancar.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Menkominfo Johnny G. Plate mengatakan, untuk jaringan tulang punggung backbone, Kementerian Kominfo bersama mitra kerja menyediakan empat lapisan sekaligus.

“Saat ini dari jaringan telekomunikasinya, operator jaringan tulang punggung dan operator telekomunikasi selular sudah menyiapkan empat lapis jaringan tulang punggung, diantaranya mencakup jaringan tulang punggung utama dan tiga jaringan hot backup standby. Mudah-mudahan dengan itu nanti pengiriman data berjalan dengan lancar,” tutur Menteri Johnny.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Untuk kebutuhan komunikasi, Kementerian Kominfo menyiapkan tambahan spektrum frekuensi untuk operator seluler. Menurut Menkominfo, tambahan perangkat radio monitoring dari Balai Monitoring Kominfo yang saat ini digunakan untuk mengawal MotoGP Mandalika

“Melibatkan Balai Monitoring Kominfo di Nusa Tenggara Barat, Denpasar, Banyuwangi, Surabaya dan Makassar untuk menjaga spektrum frekuensi agar balapan MotoGP berjalan dengan lancar, pelayanan telekomunikasi transportasi baik darat, laut dan udara berjalan dengan lancar khususnya transportasi yang berkaitan dengan penerbangan-penerbangan VVIP, dan tersedianya spektrum yang memadai untuk layanan telekomunikasi dan transmisi data,” jelas Menkominfo Johnny G. Plate.

Sedangkan untuk 5G Experience, Menkominfo menyatakan bahwa telah ditambahkan dan dipinjamkan sebanyak 2,3 Giga dari operator. Kemudian, 3,5 Giga dan 26 Giga Hertz spektrum untuk mendukung telekomunikasi di MotoGP Mandalika 2022.

“Hasil speed test pagi ini yang disampaikan kepada saya untuk 4G kecepatan upload-nya 100 megabyte per second, download-nya 25 megabyte per second. Untuk 5G, kecepatan upload-nya 788 mega byte per second, download-nya 127 megabyte per second. Jadi cukup cepat,” ujarnya.

Dengan dukungan infrastruktur telekomunikasi yang memadai, Johnny tidak kaget ada pembalap ternama yang memberikan testimoni bahwa layanan 5G di Mandalika ternyata sedikit lebih cepat dari layanan 5G di negaranya. 

“Karena memang kerja yang kuat dan untuk itu terima kasih atas kerja kolaborasi, baik lintas kementerian dan lembaga, pemerintah pusat dan pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat, serta pelaku industri operator jaringan tulang punggung fiber optik dan operator seluler yang di Mandalika ini ada tiga operator yakni Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo,” tandas Menkominfo.

Menteri Johnny menegaskan bahwa pembangunan pembangunan infrastruktur fisik harus perlu diteruskan dan jangan sampai berhenti. 

Sehingga standar internasional yang diharapkan dapat tercapai. Oleh karena itu, Menkominfo juga menyambut baik kolaborasi dari penyelenggara telekomunikasi dalam menyukseskan MotoGP Mandalika 2022.

“Saya menyaksikan betul bagaimana kolaborasi yang baik diantara mereka (Telkomsel, Xl Axiata dan Indosat Ooredoo) untuk memberikan dukungan yang kuat dalam rangka penyelenggaraan MotoGP ini,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya