Heboh Pawang di MotoGP Mandalika, Berikut 10 Fakta Aneh Hujan

Pawang Hujan di MotoGP
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Pawang hujan di Sirkuit Mandalika, Mbak Rara tengah jadi perbincangan hangat di media sosial. Mbak Rara dipercayakan untuk melawan turunnya hujan saat pertandingan MotoGP tersebut. Benarkah hujan benar-benar bisa dihentikan oleh manusia? Berikut fakta aneh mengenai hujan yang perlu kamu ketahui, dikutip dari Reader’s Digest.

Gugatannya Disindir Yusril Banyak Asumsi, AMIN Cs: Bukan Dongeng tapi Fakta yang Bisa Dibuktikan

1. Tempat yang paling sedikit hujannya di bumi bukanlah di gurun

Gurun

Photo :
  • U-Report
Rusia: ISIS Biasanya Menyerang AS, Jadi Serangan di Moskow Adalah Hal yang Aneh

Ini mungkin tertutup es, tetapi Antartika hanya mendapat 6,5 inci hujan atau salju per tahun, menjadikannya benua dengan curah hujan tahunan terendah sejauh ini. Di ujung lain spektrum, Lloro, Kolombia, menyerap lebih dari 500 inci curah hujan per tahun. Amerika Utara relatif kering sebagai perbandingan, mengumpulkan 256 inci hujan setiap tahun. 

2. Hujan tidak selalu membuat tanah basah

Sembilan Daerah Siaga dan Waspada Cuaca Ekstrem, Menurut BMKG

Hujan lebat

Photo :
  • pixabay

Di tempat yang kering dan panas, hujan terkadang menguap sebelum menyentuh tanah. Ahli lingkungan Edward Abbey menggambarkan “hujan hantu” sebagai berikut: “Anda melihat tirai hujan menggantung di langit sementara makhluk hidup layu di bawah karena kekurangan air. Siksaan dengan godaan, harapan tanpa pemenuhan. Kemudian awan menghilang menjadi ketiadaan.”

3. Tidak semua rintik hujan terbuat dari air

Hujan lebat

Photo :
  • pixabay

Di Venus, dan bulan serta planet lain, hujan terbuat dari asam sulfat atau metana. Lebih aneh lagi: Di sebuah planet yang jaraknya 5.000 tahun cahaya, para ilmuwan menemukan tetesan air hujan yang terbuat dari besi, bukan air. 

4. Ada cara yang terbukti secara ilmiah untuk mengurangi kebasahan saat hujan

Hujan

Photo :
  • pixabay

Lari! Seperti yang dijelaskan oleh Henry Reich, otak di balik Saluran YouTube MinutePhysics, “semakin cepat Anda keluar dari hujan, semakin kering Anda, terlepas dari tetesan hujan tambahan yang Anda hadapi”.

5. Bentuk dan warna awan dapat membantu kamu memprediksi hujan

Ilustrasi awan.

Photo :
  • U-Report

Secara umum, jika kamu melihat awan cumulonimbus (awan tinggi dan bengkak yang terlihat rata di bagian atas), atau awan nimbostratus (awan abu-abu tingkat rendah yang datar), kamu dapat cukup yakin bahwa hujan akan turun dalam 24 jam. 

6. Ada alasan mengapa kamu menyukai aroma hujan

Hujan petir

Photo :
  • pixabay

Air tidak berbau apa-apa, jadi mengapa hujan menghasilkan aroma yang menyenangkan setelah jatuh? Ya, itu karena sebuah molekul, yang disebut geosmin, yang diciptakan oleh bakteri penghuni tanah. Saat hujan turun, itu menciptakan kantong udara, yang berisi sejumlah kecil geosmin. 

Hujan menjebak dan kemudian melepaskan kantong udara ini, menyebarkan geosmin ke udara, di mana ia bebas melakukan perjalanan ke sniffer manusia. Bau hujan bahkan memiliki nama: "Petrichor." Pelajari beberapa fakta mengejutkan yang tidak pernah Anda ketahui tentang petir juga.

7. Ini sebenarnya tidak berbentuk "jatuh"

Hujan

Photo :
  • pixabay

Penunjukan "rintik hujan" sebenarnya keliru, karena para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa hujan sebenarnya tidak berbentuk seperti tetesan air mata. Ketika molekul air memadat dan mengikat bersama di atmosfer sebelum jatuh, mereka membentuk bentuk bola. Saat jatuh, mereka menghadapi tekanan udara, meratakan bagian bawah tetesan, sehingga mereka akhirnya mengambil bentuk lebih seperti roti hamburger.

8. Rekor Amerika Serikat untuk curah hujan 24 jam baru saja dipecahkan

Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.

Photo :
  • Dok: ADM

Dalam satu hari di bulan Juli 1979, Badai Tropis Claudette menjatuhkan 43 inci hujan di sebuah kota kecil Texas bernama Alvin. Alvin, yang terletak tepat di selatan Houston, memegang rekor curah hujan terbanyak di Amerika Serikat dalam 24 jam hingga 2018. Pada bulan April tahun 2020, alat pengukur hujan di kota Hanalei di Hawaii mencatat curah hujan 49,69 inci dalam satu hari. 

9. Hujan adalah uang

Mata uang dolar AS (foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Di negara Afrika Botswana, mata uangnya adalah pula Botswana. Kata "pula," juga berarti "hujan," dan penggunaannya sebagai nama mata uang utama menunjukkan betapa langka dan berharganya hujan di negara sub-Sahara ini.

10. Sudah lama hujan

Hujan

Photo :
  • pixabay

Para ilmuwan telah menemukan fosil yang mengandung lekukan tetesan air hujan yang berasal dari 2,7 miliar tahun yang lalu. Menurut Scientific American, hujan cair awal jatuh pada lapisan abu dari letusan gunung berapi, dan kemudian lebih banyak abu jatuh di atasnya, melestarikan kawah miniatur dari tetesan hujan. Menariknya, itu adalah erosi yang diciptakan oleh lebih banyak hujan yang mengekspos fosil hujan untuk studi modern. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya