Pembalap MotoGP 2022 dengan Mesin Yamaha Sulit Bersaing

Pembalap Yamaha RNF, Andrea Dovizioso
Sumber :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

VIVA – Di MotoGP 2022, ada empat pembalap yang menggunakan mesin Yamaha. Mereka terbagi ke dalam dua tim, yakni Monster Yamaha dan Yamaha RNF.

Klasemen MotoGP 2024: Menang di Jerez, Pecco Bagnaia Ancam Posisi Jorge Martin

Namun, dari empat pembalap yang ada, cuma Fabio Quartararo dari Monster Yamaha di urutan lima besar. Sisanya masih telempar dari 10 besar.

Quartararo menempati urutan kelima klasemen sementara. Capaian terbaiknya adalah finis kedua dalam balapan di MotoGP Indonesia pada Maret 2022.

Hasil MotoGP Spanyol 2024: Marc Marquez Akhirnya Podium, Tapi...

Rekan setimnya di Monster Yamaha, Franco Morbidelli menempati urutan 15. Lalu dua pembalap dari Yamaha RNF, Darryn Binder di urutan 19, dan Andrea Dovizioso posisi 21.

"Ini sulit. Saya tidak punya sesuatu yang baru untuk dikatakan. Maksud saya, kami tahu betul mengapa kami tidak kompetitif," kata Dovizioso, dikutip dari Crash.

Kalahkan Marc Marquez, Francesco Bagnaia Juara MotoGP Spanyol 2024

Mantan pembalap Ducati itu mengaku ada kesenjangan yang terlalu besar dengan pembalap dari tim lain. Bahkan Morbidelli pun merasakan hal yang sama.

Pembalap Yamaha RNF, Andrea Dovizioso

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim

Sulit bagi pembalap Yamaha untuk bisa merasa nyaman dan tenang di saat sekarang ini. Mereka masih saja berkutat dengan masalah yang sama di awal musim.

"Saya tidak bisa mengatakan hal yang berbeda. Maksud saya, alasannya sudah jelas dari awal dan masih sama," tuturnya.

Pembalap asal Italia itu mengatakan, motor tunggangannya bermasalah dalam urusan cengkeraman. Situasi tersebut membuat dia kesulitan mengendarai.

"Dengan kurangnya cengkeraman ini, Anda harus berkendara dengan cara tertentu dan jika tidak melakukannya, Anda tidak bisa kompetitif dengan karakteristik Yamaha," ujar Dovizioso.

Ini adalah musim kedua Dovizioso bersama Yamaha RNF. Di musim lalu, dia masuk saat menyisakan lima seri lagi. Posisi ke-12 di MotoGP Valencia jadi raihan tertinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya