Fakta Formula 1 di Miami : Dari Stadium Hingga Klasemen

Grand Prix Miami F1
Sumber :
  • Website/Formula1.com

VIVA – Fakta-fakta Formula 1 di Miami, telah berlangsung balapan Formula 1 di Grand Prix di Hard Rock Stadium, di Miami Gardens, Florida.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Ternyata terdapat fakta-fakta yang mengejutkan mulai dari tempat, hasil hingga peristiwa-peristiwa yag terjadi, berikut fakta yang telah Viva rangkum yang dimuat dari beberapa sumber;

  1. Perhelatan Formula1 di Stadium Hard Rock ternyata merupakan tahun pertama dari pernjian penyelenggaraan 10 tahun untuk Formula 1, ini bersumber dari Crypto.com yang menjelaskan bahwa Miami Grand Prix dalam lamannya akan diadakan di Hard Rock Stadium, di Miami Gardens, Florida.
  2. Lintasan yang di buat pada tahun 2021 ini memakan waktu pembuatan selama 12 bulan dan memliki lintasan lurus yang memiliki panjang 0,8 mil, tiga zona DRS dan simulasi, hal ini dapat memprediksi pengemudi akan menggunakan kecepatan penuh selama 58 persen dari putaran, dengan kecepatan diperkirakan hingga 198 mph.
  3. Max Verstappen menjadi pemenang di Miami Grand Prix pertama, setelah merebut posisi terdepan dari pembalap terdepan Ferrari Charles Leclerc di awal balapan, dan mempertahankannya dalam pertempuran akhir balapan yang memikat dan sengit.
  4. Ini menandai penutupan pole dan barisan depan pertama Ferrari di tanah Amerika sejak Indianapolis pada 2006 (Michael Schumacher dan Felipe Massa).
Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Pemenang F1

Photo :
  • Website/Formula1.com

Peristiwa yang terjadi selama balapan berlangsung bersumber dari laman resmi Formula1;

F1 Powerboat 2024 di Danau Toba, Okupansi Homestay hingga Hotel Naik 100 Persen
  1. Juara bertahan Red Bull mengambil posisi kedua dari Carlos Sainz saat tikungan 1 di awal, dan segera mulai mendekati Leclerc. Pembalap Ferrari itu kehilangan keunggulan dari rivalnya di trek lurus utama pada awal Lap 9 dari 57 dan kemudia semakin sengit pada Lap 24, menyebabkan Verstappen bereaksi dengan penghentian nya dua lap kemudian.
  2. Lap 41, Mobil VSC yang berubah menjadi Safety Car dipicu oleh tabrakan antara Pierre Gasly dan Lando Norris, yang membuat pembalap McLaren itu berputar saat ban kanan belakang robek. Perez mengambil kesempatan untuk mengadu permainan baru, dengan Verstappen, Leclerc dan Sainz di depan.
  3. Restart Lap 47 menjadikan Verstappen memimpin tetapi juga berjuang untuk membangun celah dengan Leclerc. Itu sama sulitnya bagi Sainz, yang dikejar oleh Sergio Perez yang berkaki sedang untuk memperebutkan podium terakhir.
  4. Perez berusaha untuk melewati Sainz pada Lap 52 tetapi tidak bisa, kedua pembalap menghindari kontak pertandingan, sementara Leclerc berada di bawah setengah detik di belakang Verstappen dalam mengejar keunggulan. Tapi baik Perez maupun Leclerc tidak bisa membuat kemajuan, dan ini menjadi kemenangan tipis seperti yang terjadi di atas Ferrari ini akan menjadi milik Verstappen.
  5. Pembalap Alfa Romeo tampaknya tidak ditakdirkan untuk posisi ke lima yaitu posisi ketika ia memulai, tetapi kesalahannya yang terlambat membuatnya berada di urutan ketujuh. Alpines berikutnya, Esteban Ocon finis kedelapan dari Fernando Alonso di kesembilan.
  6. Kevin Magnussen mengundurkan diri di akhir pertandingan setelah kontak dengan Lance Stroll (Pemain posisi ke 10 setelah memulai di pit), begitu pula Sebastian Vettel – yang memulai di pit dan dikeluarkan dari balapan oleh Mick Schumacher (Posisi ke 15 saat memulai).
  7. Gasly tidak finis setelah kontaknya dengan Norris (DNF), sementara Zhou Guanyu adalah pensiunan pertama, yang ditarik ke pit pada Lap 7.
  8. Meskipun start di barisan depan, Ferrari tidak dapat mengubah keunggulan mereka menjadi kemenangan Miami Grand Prix – sementara Max Verstappen kini telah meraih dua kemenangan berturut-turut.

Klasemen Pembalap

  1. Charles Leclerc - Ferrari - 104
  2. Max Verstappen - Red Bull Racing RBPT - 85
  3. Sergio Perez - Red Bull Racing RBPT - 66
  4. George Russell - Mercedes - 59
  5. Carlos Sainz - Ferrari - 53
  6. Lewis Hamilton - Mercedes - 36
  7. Lando Norris - McLaren Mercedes - 35
  8. Valtteri Bottas - Alfa Romeo Ferrari - 30
  9. Esteban Ocon - Alpine Renault - 24
  10. Kevin Magnussen - Haas Ferrari - 15
  11. Daniel Ricciardo - McLaren Mercedes - 11
  12. Yuki Tsunoda - AlphaTauri RBPT - 10
  13. Pierre Gasly - AlphaTauri RBPT - 6
  14. Sebastian Vettel - Aston Martin Aramco Mercedes - 4
  15. Alexander Albon - Williams Mercedes - 3
  16. Fernando Alonso - Alpine Renault - 2
  17. Lance Stroll - Aston Martin Aramco Mercedes - 2
  18. Zhou Guanyu - Alfa Romeo Ferrari - 1
  19. Mick Schumacher - Haas Ferrari - 0
  20. Nico Hulkenberg - Aston Martin Aramco Mercedes - 0
  21. Nicholas Latifi - Williams Mercedes – 0

Klasemen Konstruktor

  1. Ferrari - 157
  2. Red Bull Racing RBPT - 151
  3. Mercedes - 95
  4. McLaren Mercedes - 46
  5. Alfa Romeo Ferrari - 31
  6. Alpine Renault - 26
  7. AlphaTauri RBPT - 16
  8. Haas Ferrari - 15
  9. Aston Martin Aramco Mercedes - 6
  10. Williams Mercedes - 3
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya