Naik Meja Operasi Lagi, Musim 2022 Berakhir untuk Marc Marquez

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.
Sumber :
  • AP Photo/Antonio Calanni

VIVA – Juara dunia MotoGP enam kali Marc Marquez akan menjalani operasi untuk keempat kalinya terhadap lengannya setelah MotoGP Italia dan dijadwalkan kembali membalap pada musim 2023, demikian umum sang pembalap Spanyol pada Sabtu.

Marquez mendapati lengan kanannya patah pada MotoGP Spanyol 2020, yang pada akhirnya memaksa ia melewatkan satu musim penuh dan tiga kali naik meja operasi untuk mengatasi cederanya.

Pembalap berusia 29 tahun dari tim Repsol Honda itu, yang juga sempat menderita penglihatan ganda karena benturan di kepala pada 2021 dan 2022, saat ini berada di peringkat sepuluh klasemen, terpaut 48 poin di belakang pemuncak sementara Fabio Quartararo.

Setelah MotoGP Italia di Sirkuit Mugello akhir pekan ini, Marquez dijadwalkan terbang ke Amerika Serikat pada Selasa depan untuk menjalani operasi di tulang humerus kanannya, sebelum kembali ke Spanyol untuk memulihkan diri.

"Sayangnya, saya harus mengambil jeda dari MotoGP 2022 yang akan menjauhkan saya dari kompetisi untuk sementara waktu," kata Marquez dikutip laman resmi MotoGP.

Operasi Lanjutan

"Setelah kerja intens beberapa bulan ini dengan tim medis saya di Madrid, kondisi fisik saya telah membaik dan saya telah mengurangi rasa tidak nyaman di lengan kanan saya agar dapat berkompetisi di Grand Prix, tapi saya masih memiliki sejumlah batasan di humerus saya yang tidak memungkinkan saya mengendarai motor dengan baik dan meraih tujuan yang selalu saya ingin capai"