Profil Antonio Giovinazzi, Pembalap Formula E yang Siap Unjuk Gigi

Antonio Giovinazzi
Sumber :
  • Formula1.com

VIVA – Rangkaian ajang balap mobil listrik Formula E, Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) Ancol dimulai hari ini, Jumat, dengan puncak balapan akan berlangsung pada Sabtu sore, 4 Juni 2022. Jakarta E-Pix 2022 merupakan seri kesembilan Formula E. Salah satu pembalapnya adalah Antonio Giovinazzi. Siapakah dia?

Setim dengan Pembalap Indonesia Sean Gelael di WEC 2024, Begini Pengakuan Valentino Rossi

Melansir dari berbagai sumber, pria bernama lengkap Antonio Maria Giovinazzi merupakan seorang pembalap mobil profesional Italia. Dia lahir di Martina Franca, 14 Desember 1993. Saat ini ia membalap untuk tim Dragon/Penske Autosport di Formula E. Dia adalah runner-up Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa 2015. Ia membalap dengan Prema pada Seri GP2 2016, dan menjadi runner-up lagi dengan 5 kemenangan dan 8 podium secara keseluruhan.

Giovinazzi dipilih Scuderia Ferrari sebagai pembalap ketiga dan pengganti untuk musim 2017. Ia sempat berlomba bersama tim Sauber pada Grand Prix Australia 2017, menggantikan Pascal Wehrlein yang cedera. Ia menggantikan Wehrlein lagi pada Grand Prix Tiongkok karena Wehrlein masih dalam tahap pemulihan. Giovinazzi kemudian membalap di F1 bersama Alfa Romeo Racing pada 2019 sampai 2021.

Anindya Bakrie Amazed Envision Racing Car Present at COP28 Expo Dubai

Giovinazzi sendiri lahir dari keluarga yang biasa, bahkan tidak terlalu dekat dengan pusat kota. Pembalap asal Italia ini memulai dunia balapnya dari bermain gokart dengan dukungan dari ayahnya yang bernama Vito.

Melambungnya nama Antonio Giovinazzi ternyata tak lepas dari tangan warga Indonesia, Ricardo Gelael, ayah dari Sean Gelael. Ricardo Gelael bukan sekadar menyandang status orang kaya yang pegang merek KFC dan Pepsi di Indonesia, tapi beliau memang punya passion luar biasa di dunia motorsport.

Anindya Bakrie Terpesona Lihat e-Chips Mobil Balap Listrik Formula E

Bahkan bagi Giovinazzi, Ricardo Gelael bukan hanya punya peran, tapi malah punya jasa sangat besar baginya. Sejak di dunia gokart itulah Ricardo Gelael dekat dengan Giovinazzi. Kedekatan itulah yang membuat Ricardo mendukung Giovinazzi dari sisi finansial.

Karier Formula 1

Giovinazzi berpartisipasi dalam tes pramusim untuk musim 2017 bersama Sauber. Dengan cara yang mirip dengan debutnya di DTM dua tahun sebelumnya, ia menggantikan Pascal Wehrlein yang cedera di Grand Prix Australia. Wehrlein merasa tidak cukup fit untuk menempuh jarak balapan penuh karena defisit latihannya akibat kecelakaan di Race of Champions 2017. Giovinazzi finis di urutan ke-12 dalam debutnya.

Debutnya berarti dia adalah pembalap Italia pertama yang memulai balapan Formula 1 sejak Jarno Trulli dan Vitantonio Liuzzi di Grand Prix Brasil 2011. Sauber mengumumkan bahwa Giovinazzi akan kembali menggantikan Wehrlein untuk Grand Prix Tiongkok, di mana ia tersingkir selama kualifikasi dan balapan.

Giovinazzi kemudian berpartisipasi dalam tujuh sesi latihan bebas untuk Haas selama musim 2017. Giovinazzi tetap menjadi pembalap cadangan dan penguji untuk Sauber dan Ferrari pada 2018. Dia ambil bagian dalam enam sesi latihan bebas untuk Sauber selama musim tersebut.

Giovinazzi menjalani delapan balapan tanpa mencetak poin sampai dia mencetak poin pertamanya di Grand Prix Austria, dimana ia finis di urutan ke-10. Itu adalah poin pertama yang finis bagi pembalap Italia di Formula Satu sejak Vitantonio Liuzzi yang finis keenam di Grand Prix Korea Selatan 2010. Balapan berikutnya di Inggris melihat tersingkir pertamanya musim ini, setelah masalah mekanis menyebabkan dia berputar ke dalam jebakan kerikil.

Dia tersingkir di lap terakhir Grand Prix Belgia, setelah berlari di tempat kesembilan. Belakangan diketahui bahwa kecelakaan itu menyebabkan Alfa Romeo mempertimbangkan masa depan Giovinazzi bersama tim, dengan kepala tim Frédéric Vasseur mengatakan, "Kami melakukan diskusi yang sulit dengan Antonio, karena hal-hal semacam ini dapat menentukan karier Anda. Kami sedang memikirkan masa depan."

Pada tahap musim ini, Giovinazzi telah mengumpulkan satu poin, sementara rekan setimnya Räikkönen telah mencetak 31 poin.

Paruh kedua musim lebih sukses bagi Giovinazzi. Dia mengklaim poin seminggu setelah Grand Prix Belgia dengan finis kesembilan di balapan kandang pertamanya di Formula Satu. Pada lap 27 Grand Prix Singapura, Giovinazzi memimpin balapan selama empat lap setelah sang pemimpin masuk pit. Ini adalah pertama kalinya dia memimpin balapan Formula Satu Grand Prix dalam kariernya.

Bagi Alfa Romeo, ini adalah pertama kalinya sejak Andrea de Cesaris memimpin di Grand Prix Belgia 1983. Giovinazzi akhirnya finis di urutan ke-10, mencetak poin untuk balapan kedua berturut-turut. Di Grand Prix Brasil, ia mencapai finis terbaik dalam karirnya, melewati garis di tempat keenam sebelum dipromosikan ke urutan kelima setelah Lewis Hamilton dihukum penalti. Giovinazzi mengakhiri musim 2019 di tempat ke-17 di klasemen pembalap dengan 14 poin.

Pada lap 11 Grand Prix Belgia, Giovinazzi kehilangan kendali dan tabrakan di tikungan ke-14. Sebuah roda nyasar dari mobilnya menabrak Williams dari George Russell yang menyebabkan keduanya mundur dari balapan. Dia terlibat dalam kecelakaan kecepatan tinggi di Grand Prix Toskana di Sirkuit Mugello selama restart mobil keselamatan, di mana empat mobil tersingkir dari balapan.

Dua finis dengan skor poin datang di Grand Prix Eifel berlangsung di Nürburgring, di mana ia menahan Ferrari dari Sebastian Vettel untuk finis di urutan kesepuluh, dan di Grand Prix Emilia Romagna berlangsung di Sirkuit Imola, di mana dia mencetak finis kesepuluh lagi setelah start dari posisi terakhir di grid. Di Grand Prix Turki berlangsung di Istanbul Park, Giovinazzi mencapai sesi kualifikasi ketiga (Q3) untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Austria 2019, kualifikasi ke-10. Dia kemudian mundur dari balapan dengan masalah girboks.

Giovinazzi mengakhiri musim 2020 di posisi ke-17 dalam klasemen pembalap. Dia mencetak empat poin, jumlah yang sama dengan rekan setimnya Räikkönen, namun Räikkönen ditempatkan di atas Giovinazzi karena memiliki lebih banyak finis di urutan kesembilan. Giovinazzi mengungguli Räikkönen di sembilan dari 17 balapan musim ini.

Giovinazzi dan Räikkönen dipertahankan oleh Alfa Romeo untuk musim 2021. Giovinazzi mendapat posisi ke-10 untuk Grand Prix Monako, dan masuk Q3 untuk pertama kalinya tahun ini. Dia menyelesaikan balapan tersebut di posisi ke-10, dan mencetak poin pertama Alfa Romeo musim ini. Dia finis di posisi ke-11 di Azerbaijan.

Ia mengakhiri musim 2021 di posisi ke-18, dengan perolehan 3 poin. Giovinazzi akan meninggalkan Alfa Romeo dan F1 pada akhir musim 2021 dan pindah ke ajang Formula E bersama Dragon/Penske Autosport pada musim 2021-2022. Posisinya digantikan oleh Guanyu Zhou.

Karier Formula E

Giovinazzi akan membalap di Formula E untuk Dragon Penske Autosport, bersama Sérgio Sette Câmara. Ia akan bergabung untuk musim 2021-2022.

Pada ePrix Diriyah 2022 lomba pertama di Arab Saudi, Giovinazzi dikalahkan oleh Oliver Askew, saat ia gagal mencetak poin di musim debut Formula E-nya pada posisi ke-20, sementara Askew dapat 2 poin di posisi ke-9. Pada lomba kedua di ePrix yang sama, lagi-lagi gagal mencetak poin pada posisi ke-20 didepan Mitch Evans.

Lomba berikutnya di ePrix Kota Meksiko 2022, Giovinazzi tersingkir dari perlombaan di pit. Nasib sial Giovinazzi datang di ePrix rumahnya, ePrix Roma 2022, terkena penalti 5 detik untuk pelanggaran safety car dan waktu 30 detik karena melebihi kecepatan kuning lintasan penuh dan mendapatkan keuntungan di lomba pertama dan harus rela tersingkir karena masalah teknisi di lomba kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya