Profil Sergio Sette Camara, Pembalap Formula E yang Tampan Asal Brazil

Sergio Sette Camara
Sumber :
  • Fiaformulae.com

VIVA – Sergio Sette Camara adalah salah satu pembalap Formula E yang akan bersaing di ajang balap mobil listrik Formula E, Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta E-Prix International Circuit (JIEC) Ancol pada hari Sabtu sore, 4 Juni 2022. Sergio Sette Camara lahir di Brazil, 23 Mei 1998.

Max Verstappen Ingin Lupakan Hasil Buruk di F1 GP Monaco

Dia menjadi reserve driver Red Bull dan Alpha Tauri untuk Formula 1 (F1) pada tahun 2020. Sergio Sette Camara yang menjadi test dan reserve driver Red Bull ini seakan membuat dia kembali ke tim lamanya. 

Ya, Sergio Sette Camara merupakan pembalap yang masuk dalam program Red Bull junior pada 2016. Pada F1 2019, Sergio Sette Camara menjadi test dan reserve driver McLaren. Pembalap yang bergabung dengan DAMS di Formula 2 (F2) ini bekerja sama dengan Sebastian Buemi yang juga menjadi reserve driver Red Bull dan Alpha Tauri.

Murid Rossi Ogah Satu Tim dengan Marc Marquez, Ducati Gak Bisa Punya 2 Matahari

"Saya senang bisa bergabung dengan tim Red Bull lagi. Saya bangga diberikan kesempatan bekerja sama dengan Red Bull dan Alpha Tauri," tulis Sette Camara dalam akun Instagram miliknya.

"Saya sudah mempersiapkan diri dan saya siap menghadapi segala tantangan. Saya siap untuk memberikan kemampuan terbaik saya di F1," tulis Sette Camara.

Selain itu, Sette Camara juga telah memiliki poin yang cukup untuk mendapatkan super licence F1. Jadi, dia bisa menggantikan para pembalap Red Bull atau Alpha Tauri apabila diperlukan.

Pengakuan Charles Leclerc Usai Juara F1 GP Monaco

Awal Karier

Sérgio Sette Câmara Filho adalah seorang pembalap Brasil yang saat ini mengendarai Dragon/ Penske Autosport di Formula E dan sebelumnya berkompetisi di Formula 2 untuk MP Motorsport, Carlin Motorsport dan DAMS.

Dia adalah anggota Tim Red Bull Junior, yang sebelumnya menjadi pengemudi pengujian dan pengembangan untuk McLaren. Setelah menginjak usia 16 tahun, Sette Câmara secara hukum dapat membalap di kejuaraan F3 nasional (Kelas A) di Brasil. Dia melakukan debutnya pada ronde keempat di Interlagos.

Meskipun dia tidak bisa menandingi rekan setimnya, Pedro Piquet, dia menyelesaikan tahun dengan posisi ketujuh yang kuat. Dia juga melakukan debutnya di F3 Eropa pada putaran terakhir kedua di Imola, mengemudi untuk EuroInternational. Mengemudi sebagai pembalap tamu dan tidak memenuhi syarat untuk poin kejuaraan, Sette Câmara masing-masing finis di urutan 14, 20, dan 21 dalam tiga balapan selama akhir pekan.

Setelah penampilan satu kali pada tahun itu, Sette Câmara melakukan debut penuh waktu untuk musim 2015, mengemudi untuk Motopark. Setelah awal musim yang agak mengecewakan, keberuntungannya berubah menjadi lebih baik di Spa di mana ia meraih podium pertamanya di Eropa di mana ia finis ke-3.

Setelah balapan itu, Sette Câmara terus mencetak skor lebih konsisten daripada tidak saat mencapai tempat ke-3 lainnya di Red Bull Ring dan melanjutkan untuk finis ke-14 di kejuaraan dengan 57,5 ??poin di sebelah namanya.

Master Formula 3

Pertemuan tahunan di Zandvoort untuk acara Masters of F3 berhasil bagi Sette Câmara, mengantongi posisi terdepan untuk balapan kualifikasi. Dalam balapan itu, ia finis di posisi ketiga dan juga finis ketiga di balapan utama Macau Grand Prix Pertemuan tahunan lainnya untuk pembalap Formula 3, kali ini di Macau, sirkuit yang belum pernah diikuti Sette Câmara sebelumnya.

Akhir pekannya dimulai dengan baik dengan kualifikasi 7, hasil yang mengesankan untuk pemula. Dalam perlombaan kualifikasi, ia meningkatkan satu posisi untuk menyelesaikan tempat keenam yang terhormat.

Di balapan utama, ia mendapat masalah sebelum finis di urutan ke-22, pelari terakhir dan dua menit terpaut dua menit yang akhirnya menjadi pemenang Felix Rosenqvist. Meskipun hasil mengecewakan, Sette Câmara mencatat lap tercepat balapan yang tidak hanya lebih dari 1,5 detik lebih cepat dari lap kualifikasi tercepatnya sendiri, tetapi sekarang juga rekor lap langsung untuk sirkuit GP Makau.

Kejuaraan Formula 2 FIA

Setibanya di Bahrain untuk Putaran 1 era baru Formula 2, Sette Câmara memiliki tantangan di tangannya karena ia tidak hanya harus membuktikan bahwa ia dapat menandingi rekan setimnya yang berpengalaman Jordan King, tetapi ia juga harus membuktikan bahwa menjadi pembalap termuda di balapan grid tidak akan menahannya, dan setelah kualifikasi, dia membuktikan bahwa dia bisa cepat sejak awal saat dia lolos ke urutan 10 yang mengesankan untuk balapan pertamanya dan lolos 1 tempat di depan rekan setimnya dalam prosesnya.

Balapan 1 terbukti menjadi tantangan nyata namun karena degradasi ban memainkan peran besar dalam hasil balapan tetapi Sette Câmara bertahan dengan baik dan mengambil tempat ke-12 dengan baik di akhir tetapi diturunkan ke posisi 13 setelah penalti waktu karena memaksa pembalap Campos Ralph Boschung keluar jalur.

Race 2 tidak berakhir lebih baik bagi Sette Câmara karena tusukan di lap 1 memaksanya masuk pit untuk mengganti ban dan dia juga tidak membantu tujuannya sendiri dengan berhenti di pit. Bersemangat untuk membuktikan nilainya setelah kemunduran besar, Sette Câmara keluar dan sementara dia terlalu jauh ke belakang dari sisa lapangan, dia mencatat waktu lebih cepat daripada kebanyakan.

Pada akhirnya, ia finis di urutan ke-18 yang menyedihkan tetapi mencatat lap tercepat balapan dan merupakan satu-satunya pembalap yang mencatatkan lap 1:43 detik tetapi sayangnya tidak mendapatkan 2 poin untuk lap tercepat karena ia gagal finis di dalam urutan 10 besar.

Sayangnya untuk Sette Câmara, poin tidak diperoleh baik di Spanyol atau Monaco. Berjuang untuk kecepatan asli dalam balapan fitur sebelum dipaksa keluar lintasan oleh Johnny Cecotto dalam balapan sprint di Spanyol dan disuruh berhenti menangis oleh timnya sendiri melalui radio dan pensiun karena kegagalan suspensi saat berada di poin fitur balapan dan terjebak di belakang lapangan karena peluang menyalip yang sangat sulit dalam balapan sprint di Monaco adalah masalahnya.

Baku, Austria, Silverstone dan Hungaroring juga berjalan tenang dan tanpa gol untuk Sette Câmara tetapi bisa saja mendapatkan skor poin terobosan di Austria setelah kualifikasi ke-2 sebelum didiskualifikasi dan dikirim ke belakang grid karena memiliki sampel bahan bakar yang tidak teratur di dalam mobil dan untuk meringkas musimnya memasuki liburan musim panas, mencetak 0 poin dari 14 balapan tentu saja bukan apa yang direncanakan Sette Câmara untuk dicapai.

Setelah liburan musim panas, Sette Câmara kembali ke sirkuit Spa yang terkenal dan bergengsi di mana ia telah meraih banyak kesuksesan di masa lalu dan tentu saja ingin mempertahankannya. Dia juga memiliki semua motivasi di dunia setelah pelatihan pembalap yang brilian selama istirahat oleh pembalap roda terbuka yang sukses dan mantan pembalap GP2 Tom Dillmann.

Setelah kualifikasi ke-11 untuk feature race dalam sesi yang dilakukan di tengah hujan lebat, Sette Câmara tidak membuang waktu untuk masuk ke dalam 10 besar. Dia melakukan pit stop dan terus finis di urutan ke-8, poin pertamanya finis di posisi ke-11. sesi, sebelum dipromosikan ke posisi 6 setelah diskualifikasi dari Charles Leclerc dan Oliver Rowland. Start ke-3 untuk sprint race, Sette Câmara membuat awal terbaik musim ini saat ia lolos dengan indah dan berhasil membuat jarak yang besar dan clean line untuk dirinya sendiri setelah turn 1.

Dia memiliki persaingan yang ketat di belakangnya, tetapi Sette Câmara berhasil perlahan-lahan terus menambah jarak kembali ke posisi ke-2, tidak menunjukkan tanda-tanda tertekan, tidak melakukan kesalahan sama sekali dan mempertahankan keunggulan hingga akhir.

Sebuah mobil pengaman dengan 3 lap tersisa untuk memulihkan Nobuharu Matsushita yang jatuh parah di Raidillon mengokohkan finis pertama dan meraih kemenangan balapan pertamanya tidak hanya di Formula 2, tetapi juga di balap mobil, secara umum, karena dia tidak pernah memenangkan balapan sejak hari-hari kartingnya.

1 minggu kemudian di Monza, Sette Câmara datang dengan semua momen di dunia setelah kemenangan pertamanya dan sementara kualifikasi ke-11 bukanlah awal yang terbaik, 2 balapannya menjadi kelas atas sekali lagi. Memiliki balapan yang tenang hingga putaran terakhir balapan fitur, dia finis ke-6 setelah semua penalti ditetapkan dan sekali lagi memulai balapan ke-3 untuk balapan sprint, di mana sekali lagi dia memanfaatkan kecepatan balapannya yang meningkat dan merebut posisi ke-2 tempat setelah kehilangan keunggulan dari Luca Ghiotto yang cepat mengisi daya dan mempertahankan podium lain yang layak.

Formula E

Pada Februari 2020, Sette Câmara, bersama mantan rekan setimnya di Formula 3 Eropa Joel Eriksson, bergabung dengan tim GEOX Dragon Formula E sebagai pembalap cadangan dan peserta tes rookie bulan Maret di Marrakesh. Dalam tes tersebut, usahanya membuatnya mencatatkan waktu tercepat kedua hari itu di belakang peserta Envision Virgin Racing, Nick Cassidy. Pada Juli 2020, setelah kepergian Brendon Hartley dari tim, Dragon mempromosikan Sette Câmara ke kursi balap kedua untuk final musim di Berlin.

Pada bulan November, tim mengonfirmasi bahwa Sette Câmara akan bergabung dengan seri ini secara penuh waktu sebagai bagian dari susunan pemain 2020–21 . Dia mencetak poin pertamanya di Formula E dengan finis ke-4 di Diriyah ePrix.

Ini adalah finis terbaik Dragon di Formula E sejak Swiss ePrix 2019. Dia finis di urutan ke-8 di London ePrix untuk meraih poin keduanya di musim ini.

Formula One

Setelah kecepatan yang mengesankan di Formula 3 pada tahun 2015, Red Bull mengontraknya ke Tim Junior Red Bull. Setelah mencicipi mesin F1 pertamanya dalam demo di Motorland Aragón, ia melakukan debut tes resminya dengan Toro Rosso setelah Grand Prix Inggris di Silverstone.

Pada awal tahun 2017, Sette Câmara dikeluarkan dari program Red Bull Junior Team. Pada November 2018 ia dikontrak oleh McLaren sebagai pembalap uji dan pengembangan 2019 dan ambil bagian dalam Tes Pembalap Muda Catalunya 2019, tetapi kembali ke program Red Bull pada tahun 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya