Profil Andre Lotterer, Pembalap Formula E 2022 Akan Bertanding Besok

Andre Lotterer
Sumber :
  • Instagram @andre_lotterer

VIVA – Balapan mobil listrik Formula E 2022 akan digelar pada akhir pekan ini di Jakarta. Diketahui jika Seri 9 Formula E 2022 dilangsungkan di Ancol besok Sabtu, 4 Juni 2022.

BMW Kembali Ajak Konsumennya Pacu Adrenalin di Sentul

Seperti yang diberitakan VIVA sebelumnya, musim ini balapan mobil listrik dimulai di Diriyah, Arab Saudi, pada akhir Januari, dengan Berlin menjadi perhentian terakhir para pembalap pada pertengahan bulan lalu sebelum menuju Jakarta.

Andre Lotterer adalah salah satu pebalap yang akan bertanding besok. Andre Lotterer merupakan pebalap profesional Jerman yang saat ini membalap untuk TAG Heuer Porsche. Berikut profil Andre Lotterer.

Surat Kabar Bild Digugat Setelah Tuduh Dosen-dosen di Jerman Sebarkan Anti-Semit

Profil Pembalap Andre Lotterer

Andre Lotterer

Photo :
  • Instagram @andre_lotterer
Valentino Rossi Tak Sabar Mengaspal di Le Mans

Andre Lotterer memasuki musim ketiganya bersama TAG Heuer Porsche Formula E Team, memimpin merek legendaris Jerman bersama rekan senegaranya Pascal Wehrlein saat mereka bertarung untuk Kejuaraan Dunia Formula E ABB FIA.

Melansir dari situs ABB Formula E World Championship, Andre Lotterer lahir di Duisburg pada 19 November 1981. Andre Lotterer datang ke ABB FIA Formula E Championship dengan latar belakang sukses dalam balap ketahanan dengan karya tim Audi dan Porsche. 

Karirnya di seri ini termasuk tiga kemenangan di 24 Hours of Le Mans dan gelar juara FIA World Endurance Championship. Lotterer juga berkompetisi dalam seri Super Formula Jepang selama lebih dari satu dekade, memenangkan gelar pada tahun 2011.

Membuat namanya terkenal di usia muda melalui kesuksesan di kejuaraan Formula 3 Jerman dan Inggris, Lotterer mengambil peran sebagai pembalap penguji untuk tim Formula Satu Jaguar pada tahun 2002. Meskipun demikian, baru pada tahun 2014 ia membalap di Formula Satu untuk Caterham - menggantikan Kamui Kobayashi - di Grand Prix Belgia.

Balapan untuk pertama kalinya dalam 24 Jam Le Mans yang melelahkan pada tahun 2009, Lotterer menikmati enam tahun balapan untuk Audi Sport Team Joest antara 2010 dan 2016, di mana ia meraih tiga kemenangan dan lima podium. 

Antara 2012 dan 2017, ia juga berkompetisi di Kejuaraan Ketahanan Dunia, memenangkan gelar pembalap di akhir musim penuh pertamanya. Untuk tahun terakhirnya dalam seri ini, Lotterer membalap untuk Porsche bersama Neel Jani, menempati posisi keempat secara keseluruhan.

Beralih ke kursi tunggal pada tahun berikutnya saat ia melakukan debutnya di kejuaraan all-electric, Lotterer berjuang untuk menguasai seri di babak awal. Meskipun demikian, pembalap Jerman itu segera mendapatkan reputasi sebagai saingan yang tak kenal ampun setelah ia dan rekan setimnya Vergne membawa pulang penyelesaian satu-dua pertama dalam seri di Santiago. Dua podium untuk pembalap Jerman diikuti sepanjang musim, membuatnya mendapatkan tempat di sepuluh besar secara keseluruhan.

Untuk musim 2018/19, pebalap Jerman itu tetap bersama tim baru bernama DS Techeetah bersama rekan setimnya dan juara bertahan Jean-Eric Vergne. Pasangan ini membawa pulang gelar Kejuaraan Tim di akhir musim, dengan Lotterer menempati urutan kedelapan secara keseluruhan.

Untuk kampanye ketiganya dalam seri ini, Lotterer bertemu kembali dengan mantan rekan setimnya di balap ketahanan Neel Jani untuk menantang Tim Formula E Porsche TAG Heuer di musim debutnya.

Pebalap Jerman yang karismatik itu mulai berlari bersama Porsche, meraih podium perdana untuk pabrikan legendaris itu dalam balapan pertama mereka dengan posisi kedua di Diriyah - segera melampaui target Porsche untuk kampanye debut mereka. Beberapa balapan kemudian ia mengikuti ini dengan mengklaim debut Julius Baer Pole Position di Santiago.

Musim 6 adalah tahun pembelajaran ketika kinerja Lotterer dan Porsche surut dan mengalir sepanjang kampanye pertama mereka bersama, mengakhiri musim di urutan ke-8 dengan dua kali naik podium.

2020/21 melihat Lotterer membangun pengalaman yang diperoleh di Porsche 99X Electric saat ia bergabung dengan rekrutan baru dan rekan senegaranya Pascal Wehrlein. Lotterer mencetak gol secara konsisten melalui paruh kedua musim yang kuat dengan yang terbaik dari kedua di Valencia - dorongan sebagai veteran berusaha untuk meningkatkan 17 dalam menjalankan Driver di Musim 8.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya