Lewis Hamilton Tanggapi Perlakuan Rasis Nelson Piquet

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton
Sumber :
  • Florion Goga/Pool via AP

VIVA Sport - Pembalap Formula 1, Lewis Hamilton menanggapi perlakukan rasis dari mantan juara dunia Formula 1, Nelson Piquet dengan memberikan pesan-pesan yang keji kepada pembalap asal Inggris tersebut, Rabu 29 Juni 2022.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Lewis Hamilton merupakan pembalap paling sukses dalam sejarah Formula 1, pembalap berusia 37 tahun tersebut telah memenangkan juara dunia Formula 1 tujuh kali secara berturut-turut. Namun ia juga telah berjuang melawan tindakan rasis kepada dirinya selama karier di dunia balapan.

Nelson Piquet mengatakan 'Neguinho' atau yang bisa diartikan 'Orang Kulit Hitam'. Hal itu dikatakan oleh mantan pembalap Formula 1 asal Brasil dalam sebuah wawancara pada bulan November lalu di sebuah televisi di Brasil.

Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Awal pembicaraan, ketika Nelson Piquet sedang mendiskusikan insiden antara Lewis Hamilton dan pembalap Red Bull, Max Verstappen di balapan Grand Prix Inggris pada tahun lalu di sirkuit Silverstone.

Lewis Hamilton dan Max Verstappen.

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/MIKE BLAKE
Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Dimana dalam balapan tersebut banyak yang mengatakan bahwa Lewis Hamilton secara sengaja menyenggol ban belakang dari Max Verstappen sehingga pembalap asal Belanda itu harus mengalami kecelakan dan tidak bisa melanjutkan balapannya.

Kedua pembalap tersebut sedang memperebutkan juara dunia Formula 1 musim 2021. pada balapan yang di gelar di Sirkuit Silverstone dimenangkan oleh Lewis Hamilton.

Maka dari itu, Nelson Piquet menyalahkan insiden itu kepada pembalap asal Inggris tersebut. Putri dari Nelson Piquet yaitu Kelly yang berbincang dengan Max Verstappen, jadi sudah wajarnya ia membela Max Verstappen.

Atas tindakan ucapan rasis yang dikontrakkan oleh Nelson Piquet, banyak pihak yang menyayangkan, terutama pihak Formula 1 dan Tim yang menaungi Lewis Hamilton yaitu Tim Mercedes mengutuk keras tindakan rasis.

"Bahasa diskriminatif atau rasis tidak dapat diterima dalam bentuk apapun, setiap yang melakukan tindakan rasis tidak berhak ada dalam lingkungan masyarakat." kata perwakilan pihak Fomula 1 seperti dilansir dari Metro.co.uk.

Atas ucapan rasis yang dilontarkan oleh Nelson Piquet, Lewis Hamilton menanggapi hal tersebut dalam sebuah tulisan yang diunggah melalui media sosial Twitter. Ia juga mengatakan mari fokus pada mengubah pola pikir.

"Ini lebih dari sekedar kata-kata. Pola pikir yang sudah ketinggalan zaman tersebut perlu diubah dan tidak memiliki tempat dalam olahraga kita (Formula 1)." kata Lewis Hemilton dalam twittnya.

Atas kejadian tersebut, Lewis Hamilton tidak minta pihak manapun untuk memberikan sanksi atas  tindakan yang dilakukan oleh Nelson Piquet. ia hanya berharap insiden ini merupakan yang terakhir kalinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya