Ryan Nirwan Pembalap Tercepat di Leg I Danau Toba Rally 2022

Mobil para peserta Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Kabupaten Simalungun
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Hari pertama, Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, baru saja berlangsung Sabtu 6 Agustus 2022. Ryan Nirwan tampil sebagai pereli tercepat dengan catatan waktu 1:16:09.1

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Pembalap asal Kalimantan Timur itu, unggul di 4 dari 6 Special Stage (SS) yang diperlombakan pada leg I. Di posisi kedua disusul Ahmad Rizky Prayoga dengan catatan waktu 1:18:25.6. Kemudian, di posisi ketiga, A. Batara Michdar dengan catatan waktu 1:20:20.7.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah berada di posisi 1:36:54.6. Pembalap nasional, Rifat Sungkar berada di posisi 20 dengan catatan waktu 1:40:34.9. Sedangkan, Ketua DPRD DKI Jakarta, di posisi 26 dengan catatan waktu 1:45:06.5.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah menjelaskan setiap SS memiliki rintangan berbeda untuk dilalui oleh kendaraannya untuk memacu kecepatan dalam rally ini.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah saat mengikuti Danau Toba Kejurnas Rally

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra
Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

"Overall tidak ada rintangan, treknya memang beda-beda, SS1 lebih banyak tanah dan jalannya sempit, naik turunnya ekstrem," ucap Musa kepada wartawan, di sela-sela Danau Toba Kejurnas Rally 2022.

Untuk di SS2 dan SS3, Pria yang akrab disapa Ijeck mengatakan medan arena, jalannya banyak berbatuan dan licin. Namun, ia mengaku dalam kendalikan dengan baik.

Ijeck mengatakan untuk SS selanjutnya, akan melihat medan arena terlebih dahulu untuk memaksimalkan performa mesin mobil Subaru. 

"SS berikutnya, belum terlalu memaksa kendaraan karena masih baca situasi. Kendaraan juga masih ada yang harus di prepare. Mudah-mudahan di SS berikutnya bisa memperbaiki waktu lebih cepat lagi," ucap Ijeck.

Sementara itu, Pembalap Nasional, Rifat Sungkar mengaku senang mengikuti Danau Toba Kejurnas Rally 2024. Ia menyebutkan  sudah absen 12 tahun dari dunia rally. Ia menyebutkan setiap special stage (SS) rally di Danau Toba ini, memberikan tantangan tersendiri bagi dirinya.

Para pereli mengikuti SS Danau Toba Kejurnas Rally 2022.

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

"SS pertama sangat amat menyenangkan. karena setelah sekian lama ternyata kita bisa mencatat SS pastest (tercepat) di  SS 1," ucap Rifat.

Rifat mengungkapkan di SS 2, mengalami kendala di salah satu selang turbo lepas. Meski tidak kelihatan."Jadi, di tengah SS tersebut, kejadian dan kita tidak bisa analisa dan kita harus lanjut lagi ke SS yang lebih panjang," ucap Rifat.

Rifat dalam event rally di Danau Toba ini, mau lihat konsistensi terlebih dahulu. Kemudian, ia berharap berlangsung secara kompetitif sesama pembalap.

"Kita coba temukan dial up bagaimana, kita berkompetisi dengan fair dan juga tanpa banyak masalah pada SS 2 dan SS 3," kata Rifat sembari akan melanjutkan balapan di SS 4.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya