Ryan Nirwan Juara Danau Toba Rally 2022, Siap Bertarung di APRC

 Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bersama dengan Ryan Nirwan
Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bersama dengan Ryan Nirwan
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Pereli Ryan Nirwan dengan navigator Adi Indiarto keluar sebagai tyang ercepat dan meraih juara pada Danau Toba Kejurnas Rally 2022 berlangsung di Hutan Tanaman Industri Sektor Aek Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu 7 Agustus 2022.

Pembalap asal Kalimantan Timur itu, berhasil tercepat dengan menyelesaikan 9 Special Stage (SS) dengan mencatat waktu keseluruhan atau overall 1:56:07.2. 

Pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia itu, unggul dari Ahmad Riszki Prayoga/Donny Wardono di  urutan kedua dengan catatan waktu 1:59:03.1 dan Bintang Barlean/Anondo Eko (BRM Motorsport) dengan waktu 2:06:20.8.

Mobil para peserta Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Kabupaten Simalungun

Mobil para peserta Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Kabupaten Simalungun

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Ryan yang turun di kelas M1 mengaku bangga dapat juara dan memberikan terbaik di Danau Toba Kejurnas Rally 2022. Kemenangan ini, tidak lepas dari performa mobil barunya yang diturunkan dalam kompetisi ini, Yaris GR AP4.

"Pastinya, senang ya. Alhamdulillah, kita dari awal tahun menggunakan mobil baru dan tim baru Toyota Gazoo Racing Indonesia dengan menggunakan Yaris AP4," ucap Ryan kepada wartawan.

Ryan mengungkapkan bahwa rally di Danau Toba merupakan debut luar biasa bagi timnya. Karena, pereli muda dengan mobil-mobil baru menjadi saingan beratnya.

 Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bersama dengan Ryan Nirwan

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bersama dengan Ryan Nirwan

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

"Sejak awal tahun di Malang, Juara 1. Kembali lagi, juara 1 rally Danau Toba. Pasti senang, karena debut luar bagi kita tim. Cukup membanggakan," ujar Ryan.

Ryan mengatakan keluar sebagai juara di rally kali ini. Tidak lepas dengan strategi yang dibangun. Karena, lintasan yang sangat menantang disajikan. Sehingga dapat menekan trouble dialami selama rally berlangsung.

"Balapan kali ini, tidak harus kencang. Tapi, harus pintar strategi. Alhamdulillah, kita bersama tim bisa mengatur strategi dengan baik. Kita dari SS1 sampai SS9 tidak ada trouble. Tidak ada pecah ban, mobil aman-aman terus. Menunjukkan GR Yaris mobil yang luar biasa," ucap Ryan.

Ryan menyatakan akan kembali ke Danau Toba untuk mengikuti Asia Pasifik Rally Championship (APRC) 23-25 Agustus 2022. Dengan target terbaik yang akan dihasilkan kembali.

"Kita program tahun ini, mengikuti semua Kejurnas Rally maupun sprint Rally. Kita akan kembali lagi, kalau soal target kita akan coba terbaik kembali walaupun persaingan lebih sengit, karena banyak mobil-mobil yang lain akan tampil," jelas Ryan.

Ryan bersama timnya, mendapatkan hadiah sebesar Rp75 juta, yang diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Musa Rajekshah pada acara closing ceremony Danau Toba Kejurnas Rally 2022, di Kabupaten Simalungun, petang tadi.


Klasemen 10 besar Danau Toba Kejurnas Rally 2022 di Kabupaten Simalungun:

1.Ryan Nirwan/Adi Indiarto (Toyota Gazoo Racing Team) kelas M1 catatan waktu 1:56:07.2

2.Ahmad Riszki Prayoga/Donny Wardono (HRVRT BGM HBM BMB) kelas M1 catatan waktu 1:59:03.1

3.Bintang Barlean/Anondo Eko (BRM Motorsport) kelas M2 catatan waktu 2:06:20.8

4.Franc Bernhard/Yudi Herwanto (LFN Sederhana) kelas M2 catatan waktu 2:06:59.1

5.Benny Lautan/Edwin Nasution (RFT Motorsport) kelas M3 catatan waktu 2:07:03.1

6. Dony Maryadi Oekon/Pramu Rahardjo (DMO Garage) kelas M2 catatan waktu 2:08:03.6

7. Batara Michdar/Muhammad Luthfi (FBRT NFT) kelas M2 catatan waktu 2:08:12.6

8  Rudi SL/Adi Wibowo (DMO Garage) M2 dengan catatan waktu 2:09:24.5

9. Ijeck/Hervian Soejono(Blablabla Motorsport)  M2 dengan 2:16:29.2

10. Achmad Aldio Oekon /Respati Adhi (DMO Garage) J2 NS 2:16:31.3.