Pesan Bamsoet untuk Kesuksesan APRC Danau Toba 2022

Wagub Sumut, Musa Rajekshah temui Kemenko Marvel dan Ketua IMI Pusat
Wagub Sumut, Musa Rajekshah temui Kemenko Marvel dan Ketua IMI Pusat
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo berharap penyelenggaraan Asia Pasifik Rally Championship (APRC) dilakukan persiapan dengan agar terlaksanakan dengan baik dan sukses.

"Selain diikuti pereli dari Indonesia, APRC Danau Toba 2022 juga akan diikuti pereli dari berbagai negara Asia, seperti Malaysia, India, Jepang, dan berbagai negara lainnya," sebut Bamsoet usai menerima Wakil Gubernur Sumatera Utara sekaligus Pembina IMI Pusat Musa Rajekshah, Jumat 12 Agustus 2022.

Ketua MPR RI itu, mengatakan akan turun pembalap dunia APRC 2001, 2002, dan 2004 Karamjit Singh. Sehingga adu kecamatan mobil ini, akan berlangsung secara kompetitif antar pereli. 

"Bahkan mantan juara dunia APRC, Karamjit Singh, rencananya juga akan ikut serta. Lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli yang akan digunakan untuk APRC Danau Toba 2022 merupakan lintasan bersejarah. Karena pernah menjadi lokasi untuk event internasional World Rally Championship pada tahun 1996 dan 1997," jelas Bamsoet.

Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Sumut tengah kebut persiapan rally dunia, yakni Asia Pasifik Rally Championship (APRC) Danau Toba, di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 23-25 September 2022.

 Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bertemu Kemenko Marves Odo RM Manuhutu

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bertemu Kemenko Marves Odo RM Manuhutu

Photo :
  • dok Pemprov Sumut

Waktu yang singkat dari pagelaran Danau Toba Kejurnas Rally 2022, 5-7 Agustus 2022 berlangsung di perlintasan Rally yang sama. Kini, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah dan Ketua IMI Sumut, Harun Mustafa Nasution tancap gas untuk mempersiapkan event rally internasional itu. 

Dengan modal kesuksesan Danau Toba Kejurnas Rally 2022 dan event rally lain digelar di Sumut. Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah mengungkapkan optimis dan akan kembali menggelar APRC 2022 secara sukses dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi disektor pariwisata di Danau Toba.

"Pertemuan dengan Bapak Bambang Soesatyo dan Bapak Odo membahas persiapan APRC dan WRC," kata Ijeck, Jumat 12 Agustus 2022.

Meski sudah disiapkan, APRC dan khususnya World Rally Championship (WRC) masih membutuhkan persiapan yang lebih baik dan mantap, mengingat daya tarik dan eventnya akan jauh lebih besar.

“Ya, dari pemerintah pastinya mendukung karena ini event kejuaraan dunia yang bisa mendorong kemajuan pariwisata daerah Danau Toba. Ketua IMI Bapak Bamsoet juga mendukung dan memberikan masukan tentang apa-apa yang dibutuhkan panitia termasuk juga dalam mencari sponsor,”kata Ijeck.