Max Verstappen Juara F1 GP Belanda, Hamilton Gagal Podium

Pembalap Red Bull, Max Verstappen di F1 GP Belanda 2022
Sumber :
  • AP Photo/Peter Dejong

VIVA Sport – Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen keluar sebagai pemenang pada F1 GP Belanda di Sirkuit Zandvoort, Minggu malam WIB 4 September 2022. Dia unggul atas pembalap Mercedes, George Russel dan Charles Leclerc dari Ferrari.

Max Verstappen Juara F1 GP Bahrain, Ini Kunci Suksesnya

Ini adalah kemenangan keempat secara beruntun Verstappen di F1 2022. Sebelumnya dia juga menjadi juara di Prancis, Hungaria, dan Belgia.

Dan secara total, Verstappen sudah memenangkan 10 seri balapan F1 2022 dari 15 yang telah diselenggarakan. Leclerc menang tiga kali, lali Perez dan Sainz masing-masing sekali.

Daniel Ricciardo Kandidat Kuat Temani Verstappen di F1 2025

F1 GP Belanda 2022

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Jalannya Balapan F1 GP Belanda

Tim yang Diwaspadai Verstappen di F1 2024, Bukan Mercedes

Begitu lampu hijau tanda balapan dimulai, seluruh persaingan langsung terlihat sengit. Verstappen bisa menjaga posisi terdepannya diikuti oleh Leclerc.

Tapi di belakang mereka bersaing ketat pembalap Ferrari, Carlos Sainz dan Lewis Hamilton dari Mercedes. Mobil kedua pembalap sempat saling berbenturan ketika hendak memasuki tikungan pertama, tapi kemudian tak ada masalah berarti.

Tujuh putaran F1 GP Belanda berlangsung, tak ada perubahan posisi di barisan terdepan. Para pembalap masih bisa mengkondisikan posisinya dari para pesaing.

Hamilton kemudian menguasai posisi terdepan ketika balapan memasuki putaran 19. Dia mendapatkannya setelah Verstappen memilih untuk masuk pit stop guna mengganti ban.

Russel yang juga belum masuk ke pit stop berada di urutan kedua. Baru setelah itu Verstappen dan Leclerc menyusul di belakangnya.

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc Kualifikasi F1 GP Belanda 2022

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Verstappen merebut posisi kedua dari Russel ketika memasuki putaran ke-28. Selang dua putaran kemudian, Hamilton masuk pit stop, dan posisi depan dikuasai oleh pembalap asal Belanda tersebut.

Virtual safety car diberlakukan saat balapan memasuki putaran ke-48. Sebab ada kecelakaan yang melibatkan pembalap AlphaTauri, Yuki Tsunoda. Momen itu dimanfaatkan oleh tim untuk memanggil pembalapnya masuk pit.

Memulai lomba lagi, Verstappen masih memimpin di barisan depan. Namun jaraknya tidak jauh dari Hamilton yang menguntit pada urutan kedua.

Ketika balapan memasuki putaran ke-55, safety car kembali keluar. Sebabnya, ada insiden kecelakaan yang melibatkan Valterri Bottas tak lama keluar dari pit stop.

Yang mengejutkan, tiba-tiba Verstappen kembali masuk ke pit stop. Dua pembalap Mercedes, Hamilton dan Russel berhasil menempati urutan pertama dan kedua.

Verstappen berhasil berada di posisi terdepan pada balapan ini ketika memasuki putara ke-61. Dia menyalip Hamilton di trek lurus sebelum masuk ke tikungan pertama.

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton di Kualifikasi F1 GP Belanda 2022

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Hamilton kembali turun satu tingkat setelah pada putaran ke-64, Russel menyalipnya. Tak lama setelah itu, posisi ketiga direbut oleh Leclerc.

Verstappen menjadi sangat nyaman di urutan terdepan. Karena jaraknya dengan Russel cukup jauh. Persaingan ketat justru terjadi antara Leclerc dan Hamilton untuk merebut posisi ketiga.

Sampai akhirnya menjejak garis finis, Verstappen jadi yang pertama, kemudian disusul oleh Russel. Sedangkan podium ketiga diamankan oleh Leclerc.

Hamilton harus puas ada di posisi keempat pada F1 GP Belanda 2022. Dia unggul satu tingkat dari Sainz, dan kemudian Sergio Perez dari Red Bull di urutan keenam.

Akan tetapi, Sainz yang mendapat hukuman penalti pada akhirnya menempati posisi kedelapan. Alhasil Perez yang mendapatkan peringkat kelima, dan yang keenam menjadi milik pembalap Alpine, Fernando Alonso.

Berikut hasil lengkapnya:

1    Max Verstappen    NED    Oracle Red Bull Racing    72 Laps
2    George Russell    GBR    Mercedes AMG Petronas Formula One Team    + 4.071s
3    Charles Leclerc    MON    Scuderia Ferrari    + 10.929s
4    Lewis Hamilton    GBR    Mercedes AMG Petronas Formula One Team    + 13.016s
5    Sergio Perez    MEX    Oracle Bull Racing    + 18.168s
6    Fernando Alonso    ESP    BWT Alpine F1 Team    + 18.754s
7    Lando Norris    GBR    McLaren F1 Team    + 19.306s
8    Carlos Sainz    ESP    Scuderia Ferrari    + 20.916s
9    Esteban Ocon    FRA    BWT Alpine F1 Team    + 21.117s
10    Lance Stroll    CAN    Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team    + 22.459s
11    Pierre Gasly    FRA    Scuderia AlphaTauri    + 27.009s
12    Alexander Albon    THA    Williams Racing    + 30.390s
13    Mick Schumacher    GER    Haas F1 Team    + 32.995s
14    Sebastian Vettel    GER    Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team    + 36.007s
15    Kevin Magnussen    DEN    Haas F1 Team    + 36.869s
16    Guanyu Zhou    CHN    Alfa Romeo F1 Team Orlen    + 37.320s
17    Daniel Ricciardo    AUS    McLaren F1 Team    + 37.764s
18    Nicholas Latifi    CAN    Williams Racing    + 1 Lap
Gagal Finis
     Valtteri Bottas    FIN    Alfa Romeo F1 Team Orlen    DNF
     Yuki Tsunoda    JPN    Scuderia AlphaTauri 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya