Sembuh dari Cedera Marc Marquez Tes Fairing Baru Honda RC213V

Fairing baru Marc Marquez
Sumber :

VIVA Sport – Marc Marquez pembalap yang membela tim Repsol Honda, akhirnya kembali ke sirkuit MotoGP yakni Misano.

Jadwal Lengkap Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024, Akhir Pekan Ini

Tapi di sirkuit tersebut Marc Marquez hanya untuk mengikuti ajang tes, ada beberapa komponen baru yang dites Marquez pada Honda RC213V, seperti fairing.

Uniknya fairing yang dites The Baby Alien mirip dengan model fairing yang dikembangkan oleh Aprilia, apalagi kini performa Aprilia patut diperhitungkan.

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Pada tes resmi di Barcelona lalu, Aprilia menurunkan aerodinamika baru pada fairing RS-GP. Pada sisi bagian bawah fairing RS-GP, terdapat bagian yang agak ditonjolkan keluar, mirip undakan tangga.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Photo :
  • AP Photo/Antonio Calanni
Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Secara teori, bentuk fairing ini mampu meningkatkan beban aerodinamika saat motor melibas tikungan lambat. Inovasi ini pun langsung disukai Aleix Espargaro dan Maverick Vinales, dan kali pertama diturunkan pada GP Jerman di Sachsenring.

Honda pun mencoba fairing dengan undakan kecil ini pada RC213V yang dites Marc Marquez, yang terbukti mampu membuat Aprilia RS-GP kompetitif.

Selain mencoba fairing, Marc Marquez juga mencoba swingarm aluminium produksi Kalex.

Keputusan pabrikan berlogo sayap tunggal, memesan komponen dari luar, sungguh mengejutkan. Apalagi Kalex belum pernah memproduksi swing arm untuk digunakan di level tertinggi, makanya perlu dites oleh seorang Marc Marquez.

Kurangnya keseimbangan dan stabilitas RC213V jadi masalah. HRC juga perlu memeriksa aerodinamika, titik lemah mereka dibanding lawan-lawannya. Defisit kian kentara ketika disandingkan dengan Ducati dan Aprilia.

Ini jadi kala pertama Marquez bekerja dengan pembaruan aerodinamika di atas RC213V. Sejak turun di MotoGP Qatar, pembalap yang sedang dalam pemulihan operasi lengan kanan itu memakai setelan aerodinamika yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya