Pecahan Fairing Fabio Quartararo Sebab Marc Marquez Gagal Finis

Marc Marquez saat balapan di MotoGP Aragon 2022
Sumber :
  • AP Photo/Jose Breton

VIVA Sport – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez gagal menyelesaikan balapan MotoGP Aragon pada Minggu malam WIB 18 September 2022. Padahal dia ingin sekali bisa sampai finis pada kesempatan ini.

Martin Juara, Sprint Race MotoGP Spanyol Diwarnai Banyak Kecelakaan Termasuk Marquez & Bagnaia

Bukan tanpa alasan Marquez mengincar finis, mengingat ini adalah pertama kalinya dia balapan kembali di MotoGP 2022 setelah absen sejak Mei 2022 lalu. Tapi hasilnya tak seperti yang diharapkan.

Marquez harus menepi dan tidak bisa melanjutkan lomba. Motornya tidak mendukung untuk bisa menyelesaikan keinginannya menyelesaikan MotoGP Aragon 2022.

Marc Marquez Start Terdepan di Sprint Race dan Balapan MotoGP Spanyol 2024

Marquez terlibat dalam dua kecelakaan pada kesempatan kali ini. Yang pertama ketika motornya ditabrak dari belakang oleh pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo.

Marc Marquez saat tampil di MotoGP Aragon 2022

Photo :
  • AP Photo/Jose Breton
Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Insiden itu memang tak membuat Marquez terjatuh. Justru Quartararo yang terpelanting dan tidak bisa melanjutkan balapannya di MotoGP Aragon.

Tapi insiden pada tikungan ketiga tersebut memberi dampak serius kepada Marquez. Ada pecahan fairing motor Quartararo yang masuk ke dalam motornya.

"Saya merasakan sesuatu yang aneh di tikungan kelima, dan saya berkata 'apa yang terjadi?' Tapi ketika saya memasuki tikungan 6-7, saya merasa baik-baik saja," kata Marquez, dikutip dari Crash.

Tak berselang lama setelah itu, Marquez kembali terlibat insiden kecelakaan. Kali ini motornya bersenggolan dengan pembalap LCR Honda, Takaaki Nakagami.

Diceritakan oleh Marquez, sebelum senggolan dengan Nakagami terjadi, dia coba mengaktifkan holeshot. Itu adalah teknologi dari motor MotoGP untuk membantu pembalap menurunkan posisi titik pusat gravitasi motor.

Tapi setelah mengaktifkan holeshot, justru dia berada dalam masalah. Ban belakangnya terkunci, dan ternyata pecahan fairing motor Quartararo yang mengganggu.

"Kemudian di tikungan ketujuh, Nakagami menyalip saya di bagian dalam dan melebar. Jadi saya berada di dalamnya, sudah sedikit di depan, dan saya menggunakan holeshot," imbuhnya.

"Begitu saya melakukan holeshot, saya merasa roda belakang terkunci. Saya memeriksa gambar dengan sangat hati-hati, dan Anda dapat melihat bahwa ada yang keluar dari fairing."

Keluar Balapan karena Insiden dengan Quartararo

MotoGP Aragon 2022

Photo :
  • AP Photo/Jose Breton

Dalam kesempatan ini pembalap asal Spanyol itu menegaskan, insiden dengan Nakagami bukanlah sebab dia tidak bisa melanjutkan lomba. Justru itu dampak dari insiden pertama dengan Quartararo.

"Setelah insiden itu, saya masuk pit. Tapi saya berhenti bukan karena insiden Taka, saya berhenti karena insiden Fabio. Kedua tindakan itu sangat sial," ujar Marquez.

Pembalap berjuluk Baby Alien memulai balapan di MotoGP Aragon dengan baik. Dari urutan ke-13, dia melesat ke posisi enam begitu melewati tikungan pertama.

Tapi performa itu tak lepas dari anggapan miring. Ada yang menganggap Marquez terlalu agresif dan membahayakan pembalap lain saat memulai lomba.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya