MotoGP Aragon 2022: Marc Marquez Minta Maaf

MotoGP Aragon 2022
Sumber :
  • AP Photo/Jose Breton

VIVA Sport – Balapan Marc Marquez di MotoGP Aragon pada Minggu malam WIB 18 September 2022 tidak berakhir mulus. Dia gagal menyelesaikan lomba dan terlibat dalam dua kecelakaan.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Yang pertama terjadi karena bagian belakang motornya ditabrak oleh pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo ketika memasuki tikungan ketiga. Marquez masih bisa lanjut balapan karena tidak terjatuh, sedangkan Quartararo berhenti.

Pada tikungan ketujuh, giliran pembalap Repsol Honda itu bersenggolan dengan wakil LCR Honda, Takaaki Nakagami. Akibatnya, pembalap asal Jepang terpelanting dan tak bisa melanjutkan lomba.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

"Saya meminta maaf kepada Taka dan Fabio," kata Marquez, dikutip dari Crash.

Marc Marquez saat balapan di MotoGP Aragon 2022

Photo :
  • AP Photo/Jose Breton
Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Sempat muncul perdebatan masalah aerodinamis pada motor MotoGP yang tak maksimal. Hal ini muncul karena melihat Quartararo kesulitan mengendalikan motor di tikungan.

Marquez menganggap hal itu sejatinya bukan masalah. Karena baginya insiden dengan Quartararo itu sudah sering terjadi dalam balapan MotoGP.

Marc Marquez saat tampil di MotoGP Aragon 2022

Photo :
  • AP Photo/Jose Breton

"Saya pikir kecelakaan Fabio, perangkat atau tidak ada perangkat, aerodinamis atau tidak ada aerodinamis, akan tetap terjadi. Karena itu benar-benar insiden balapan seperti yang kita lihat di masa lalu," tuturnya.

"Kesalahan kecil dari orang depan, pembalap di belakang berencana untuk menyalip saya, sangat dekat. Itu normal dan itu terjadi," imbuh Marquez.

Dari insiden dengan Quartararo itulah, kemudian motor Marquez terganggu. Karena ada pecahan fairing motor Quartararo yang masuk ke motor Marquez.

Ditambah lagi ketika hendak disalip oleh Nakagami, teknologi holeshot diaktifkan oleh Marquez. Dan itu membuat ban belakang motornya terkunci hingga akhirnya bersenggolan.

"Tapi insiden Nakagami, tanpa holeshot dan wing, pasti kita hindari. Karena ketika saya melakukan holeshot adalah ketika saya mengunci roda belakang, karena saya mendapati fairing Fabio di area belakang," kata Marquez.

"Kemudian Taka terjatuh karena saat kami bersentuhan, kecepatan saya juga berkurang karena saya mengalami masalah teknis. Jadi itu adalah tindakan yang benar-benar sial."

Marquez Mau Minta Maaf Langsung

Fabio Quartararo

Photo :

Pembalap berjuluk Baby Alien menegaskan akan meminta maaf langsung kepada Nakagami dan Quartararo karena terjadinya kecelakaan ini. Dia ingin menjelaskan adanya masalah mekanis yang jadi sebabnya.

Sesudah keluar dari balapan karena motornya bermasalah, Marquez sudah menyambangi tim LCR Honda. Dia memberi penjelasan mengenai sebab terjadinya insiden senggolan.

"Saya berbicara terutama dengan tim Taka dan meminta maaf karena itu adalah masalah mekanis yang nyata, tapi jika Anda melihatnya dari luar, sepertinya saya langsung masuk ke arah Taka," ujar Marquez.

"Nanti saya akan coba bicara dengan Fabio yang ada di Clinica Mobile, juga dengan Taka. Saya minta maaf kepadanya dan Fabio."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya