Tahun 2023, Sumut Kembali Ditunjuk Gelar 2 Seri APRC Menuju WRC

Ketua IMI Sumut, Harus Mustafa Nasution, dan Wagub Sumut, Musa Rajekshah.
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Tahun 2023, Federation Internationale de l'Automobile (FIA) kembali menunjuk Sumatera Utara untuk menggelar Asia Pacific Rally Championship (APRC). Tidak tanggung-tanggung, dua seri akan digelar tahun depan.

Pesan Ijeck saat Buka Ramadhan Wisata Rally IMI Sumut

Hal itu disampaikan oleh Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Harun Mustafa Nasution kepada wartawan, Kamis 22 September 2022. Namun, ia mengatakan pihaknya saat ini, fokus pelaksanaan APRC 2022 Danau Toba.

Tahun ini, APRC, yang berlangsung di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 23 hingga 25 September 2022, diikuti melihat 65 pereli dan navigator,

IMI Sumut Persiapkan Kejurnas Rally dan APRC 2024 Menuju WRC 2025

"Alhamdulillah kita terus mempersiapkan secara matang (APRC 2022), kebetulan kita baru melakukan belum terlalu jauh (Kejurnas Rally) kita melanjutkan dan menghaluskan apa-apa yang harus diperbaiki kedepannya lebih baik," jelas Harun.

Harun mengungkapkan, rasa syukurnya lantaran FIA memberikan kepercayaan pada pihaknya untuk menggelar APRC lagi tahun depan.

Foreign Racers Praise the Beauty of Lake Toba Track at APRC 2023

"Tahun depan, APRC dan WRC (World Rally Championship)," tutur Harun, yang juga menjabat sebagai wakil ketua DPRD Sumut itu.

Harun menjelaskan, menuju WRC tahun 2023, Sumut harus melalui dua seri APRC terlebih dahulu. Sehingga di dua seri itu, akan diputuskan. Namun, ia optimistis pihaknya bersama IMI Pusat akan menggelar WRC.

"WRC ada tahapannya, setelah nasional. Kita kejar APRC, Alhamdulillah kita sudah diperbolehkan menjalani APRC dan tahun depan diberikan dua seri APRC di Sumatera Utara. Salah satunya, sebagai seri penentu. Peserta asing di kejuaraan tersebut," tutur Harun.

Harun mengatakan belum bisa membeberkan jadwal dua seri APRC tahun 2023. Karena, akan dikordinasikan kembali dengan FIA.

"Disusun jadwalnya bersama FIA," ungkap Harun.

Sementara itu, wakil gubernur Sumut, Musa Rajekshah menyambut baik terpilihnya Sumut untuk menggelar dua seri APRC tahun depan menuju WRC Tahun 2023.

"Sudah dijadwalkan untuk Sumatera Utara mendapatkan dua Klender (seri) Asia Pasific Rally Championship, sebelum World Rally Championship," kata pria yang akrab disapa dengan Ijeck itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya