Rifat Sungkar Optimis Raih Juara dan Salip Sean Gelael di APRC 2022

Rifat Sungkar
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

VIVA Sport – Pereli nasional, Rifat Sungkar overall Spesial Stage (SS) 4, hari pertama, Sabtu 24 September 2022, menduduki peringkat kedua di Asia Pasific Rally Championship (APRC) 2022 Danau Toba.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Overall APRC, leg pertama Gelael bersama navigatornya, Hugo Magalhaes menduduki peringkat pertama dengan catatan waktu tercepat, 38.42.8. Posisi kedua, Rifat Sungkar bersama navigatornya, Benjamin Searcy dengan menorehkan waktu 39.44.0

Kemudian, posisi ketiga tim tuan rumah, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah bersama navigatornya, Hervian Soejono dengan mencatat waktu tercepat 41.43.1.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

APRC 2022 Danau Toba, para pereli berlaga di kelas M1, harus melalui 12 SS di lintasan Hutan Tanaman Industri Sektor Nauli, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

"Di leg 1 ini, inilah reli yang tidak pendek, relinya panjang. Kita baru section 1 di leg 1, hasilnya alhamdulillah sesuai dengan ekspektasi, saat ini kita berada di posisi 2," kata Rifat Sungkar kepada wartawan.

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

Pembalap Rally Indonesia Rifat Sungkar

Photo :
  • VIVA/B.S. Putra

Meski berada posisi kedua, Rifat Sungkar optimis mampu menyusul dan menyalip  Sean Gelael di puncak klasemen catatan waktu tercepat di APRC kali ini.

"Saya berada kedua, masih ada 8 SS lagi. Section dua dan tiga, itu juga kesempatan bagi kita (untuk juara)," kata pereli asal Mitsubishi X-Pander Rally Team itu.

Pada 4SS ini, mengakui mendapatkan kendala seperti ban sobek hingga pecak. Namun, hal itu tidak menjadi masalah bagi dirinya untuk terus menorehkan waktu tercepat.

Rifat mengungkapkan dirinya harus bersaing ketat dengan tim tuan rumah, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah atau yang akrab disapa dengan Ijeck. Karena, sang pereli dari Blablabla Motor Sport menggunakan mobil baru, Skoda Fabia.

"Kita lihat meping juga dari Sumatera Utara, bang Ijeck permainannya baik. Saya senang lihat. Artinya, reli pasti akan ada terus. Positifnya, kalau kompetisi saat ini, nanti kita bisa mendapatkan kualitas dari kompetisi yang sangat baik,” kata Rifat.

Pembalap nasional ini, mengakui trek rally di Danau Toba sangat menantang. Sehingga trek pada Kejurnas Rally 2022 Danau Toba series pertama berbeda dengan APRC saat ini.

“Intinya, zero car atau swepper,harus bekerja untuk menyingkirkan batu, karena batu-batunya sangat besar. Intinya, trek lebih baik dibandingkan sebelumnya,” ucap Rifat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya