4 Fakta Menarik yang Dicatatkan Marc Marquez Jelang MotoGP Jepang

Marc Marquez Kualifikasi MotoGP Jepang 2022
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVA Sport – MotoGP Jepang akan dilangsungkan di Sirkuit Motegi pada Minggu 25 September 2022. Marc Marquez akan memulai lomba dari urutan terdepan pada kesempatan kali ini.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Marquez mendapat pole position setelah menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi pada Sabtu siang WIB 24 September 2022. Ini hasil yang memuaskan bagi pembalap asal Spanyol.

Ini adalah hasil yang luar biasa dari Marquez. Pembalap berjuluk Baby Alien mulai menunjukkan diri kembali menjadi pesaing dalam memperebutkan podium.

Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Marquez sempat absen panjang pada musim ini. Dia harus istirahat sejak Mei 2022 karena mengalami cedera.

Marc Marquez Kualifikasi MotoGP Jepang 2022

Photo :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama
Video Marc Marquez Kecelakaan saat Pimpin Balapan hingga Gagal Finis di MotoGP Amerika 2024

Dia baru kembali di pekan lalu saat MotoGP Aragon. Namun balapan itu tak berjalan mulus baginya.

Marquez harus menepi karena motornya mengalami kendala. Dia terlibat dua senggolan pada putaran pertama lomba di MotoGP Aragon.

Senggolan pertama terjadi dengan pembalap Monster Yamaha, Fabio Quartararo. Tak lama setelah itu, Takaaki Nakagami dari LCR Honda yang bersenggolan dengannya.

Ini 4 fakta menarik dari Marquez jelang MotoGP Jepang 2022

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di MotoGP Jepang

Photo :
  • crash.net

1. Marc Marquez mendapatkan 150 kali pole position sepanjang kariernya di MotoGP. Terakhir kali dia mendapatkan pole position di MotoGP Jepang pada 2019. Raihan ini juga menandai berakhirnya 50 balapan MotoGP tanpa pole position darinya.

2. MotoGP musim ini terbilang menarik. Karena dengan hasil yang didapatkan Marquez, total sudah ada sembilan pembalap berbeda yang mendapatkan posisi terdepan sesi kualifikasi. Ini menjadi yang terbanyak di kelas premier balap motor sejak mereka yang mendapatkan pole dicatat datanya secara resmi pada 1974.

3. Hasil yang didapatkan Marquez ini juga memberi angin segar kepada Honda. Karena terakhir kali mereka menempatkan pembalap di pole position adalah Pol Espargaro di MotoGP Inggris 2021. Ini menjadi catatan terpanjang pabrikan asal Jepang sejak mereka kembali beraksi di balapan kasta paling elite pada 1982.

4. Jika Marquez berhasil mendapatkan podium pada lomba besok, itu akan jadi yang ke-100 baginya di kelas premier balap motor dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya