Jambore Otomotif di Danau Toba, AHY Jajal Permainan Tradisional

Founder Overlanding Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA/B.S. Putra

VIVA Sport – Founder Overlanding Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ikut bermain margalah bersama masyarakat sekitar, di Pakkodion Kawasan Wisata Danau Toba. Hal ini sebagai bentuk pelestarian kebudayaan dan permainan tradisional.

Demokrat Sebut AHY Kader Terbaik, Sinyal Jadi Menteri Lagi di Kabinet Prabowo-Gibran?

Permainan itu dilakukan oleh Ketua Umum Partai Demokrat, AHY bersama masyarakat. Permainan tersebut, merupakan sebuah permainan tradisional Toba yang sering dilakukan warga lokal.

Ketua Umum Partai Demokrat, AHY bersama Ketua DPD Partai Demokrat, M. Lokot Nasution yang juga Sekretaris Overlanding Indonesia membaur bersama masyarakat sekitar dan para peserta Jambore Otomotif Indonesia ini juga mempermainkan permainan Margalah dan Marjalengkat, Engrang, lomba Tarik Tambang, lomba Fotografi, pagelaran Seni Tradisional, dan game outbond.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Kegiatan Jambore Otomotif Indonesia telah digelar sejak Jumat hingga Minggu, 23-25 September 2022. Event ini terlaksana atas gagasan Komunitas Overlanding Indonesia Sumatera Utara.

Overlanding Indonesia didirikan sebagai komunitas pecinta alam dan peduli kemanusiaan, yang diketuai oleh Renville Antonio. Sebanyak 52 komunitas motor dan mobil serta 866 peserta terlibat untuk menyemarakkan kegiatan tersebut. 

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Founder Overlanding Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) turut menghadiri kegiatan ini. Hal ini juga diharapkan menjadi trigger (pemicu) bagi penggemar  touring, traveling, penulis dan fotographer untuk turut mengeksplore keindahan wisata di Indonesia khususnya Sumatera Utara. 

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah siap adu kecepatan di APRC 2022 Danau Toba

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

Sekretaris Overlanding Indonesia, M. Lokot Nasution mengungkapkan bahwa Overlanding ini komunitas yang didirikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), selain dirinya menyukai adventure, senang berteman, senang alam untuk mengumpulkan komunitas-komunitas yang ada di Indonesia bahkan Internasional.

"Hari ini kan kita Jambore Otomotif Indonesia, ada sekitar 54 Komunitas yang ada. Jadi dibilang terbesar ya Komunitas yang hadir ini tidak sedikit dengan jumlah peserta hampir seribu peserta," jelas M. Lokot Nasution yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Minggu 25 September 2022.

Lokot juga menjelaskan bahwa dengan Overlanding ini, AHY ingin menunjukkan sisi lain atas dirinya yang tidak muluk-muluk tentang politik dan tidak muluk-muluk mantan anak presiden, karena adalah juga manusia biasa.

"Kita lihat tadi, bahwa semua disapa oleh mas AHY, karena sejatinya di sini, itulah AHY. Tetapi ketika dirinya tentang Ayah seorang politik, karena dia mewakili sebuah partai mewakili semua orang diharapkan seperti kami-kami ini, untuk memimpin negeri ini, dia harus bisa membawa diri dengan keadaannya," ungkap Lokot. 

Sebagaimana disampaikan Ketua Overlanding Indonesia Sumut, Irmansyah Lubis didampingi Pembina Overlanding, Akhyar Nasution, Ketua Panitia Rahmad Frimagus Gogo dan Wakil Ketua Panitia Ahmadi.

"Kita harapkan Jambore Otomotif Indonesia menjadi trigger bagi komunitas lain agar ikut mengeksplore dan melestarikan destinasi wisata di Sumut," ujar Ketua Overlanding Indonesia Sumut, Irmansyah Lubis. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Rahmad Frimagus Gogo menerangkan, jika Jambore Otomotif akan berlangsung di Pantai Pakkodian, Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.  Kegiatan bagi para komunitas motor dan mobil ini turut didukung Pemerintah Kabupaten Toba dan Pemprov Sumut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya